Bank di Indonesia Ramai-Ramai Migrasi ke Sektor Digital

- 17 Juli 2022, 10:30 WIB
Bank di Indonesia bertransformasi digital
Bank di Indonesia bertransformasi digital /istimewa

KEPRI POST - Bagi pelaku perbankan, situasi tentu sangat dipahami oleh mereka. Realitas itu juga diungkapkan seorang bankir nasional yang kini telah didapuk sebagai Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo.

Kartiko mewanti-wanti agar industri perbankan harus mengubah pendekatan layanannya kepada nasabah dengan melakukan migrasi ke sektor digital.

Yang terpenting, lanjutnya, bagaimana semua pemangku kepentingan di sektor jasa pembayaran digital saling kerja sama. "Sistem kita harus terekspos, namun harus tetap terjaga dengan baik," ujar Tiko, panggilan lain Kartiko.

Baca Juga: Serapan Pinjaman Modal UMKM Kepri di Bank Riau Kepri Masih Rendah

Kartiko, yang juga tercatat sebagai Ketua Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) menambahkan, perbankan sebagai pemain kunci industri ini harus menerapkan hibrida dan open banking ecosystem. "Jadi perbankan harus menggabungkan kapabilitas digital secara masif, tetapi juga harus memanfaatkan kehadiran fisiknya secara maksimal."

Langkah inovatif memang terus dikembangkankan pelaku jasa keuangan. Seiring semakin masifnya layanan berbasis digital, seperti transformasi digitalisasi pembayaran antarwilayah (cross border payment), standard open API (Application Programming Interfaces), QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), dan pay later.

Bahkan, kini kalangan perbankan siap meluncurkan layanan kartu kredit digital. Beberapa pelaku swasta dan BUMN pun siap meluncurkan layanan itu, seperti Bank CIMB Niaga, PT Bank DBS Indonesia, dan Bank Mandiri dengan Livin-nya.

Baca Juga: Daftar Gaji Pekerja Industri Digital 2021, Tidak Ada di Bawah Rp 4 Juta

Dari data Bank Indonesia juga memberikan realitas bahwa segmen pasar pengguna kartu kredit ternyata masih cukup besar. Menurut data bank sentral, nilai transaksi kartu kredit sepanjang Januari--April 2022 tercatat Rp96,91 triliun.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x