Peluang Usaha Bidang Ekonomi Kreatif di 2023, Cek Ide Bisnis dan Prospek Cuannya

- 3 Oktober 2022, 07:55 WIB
ilustrasi peluang usaha di ekonomi kreatif
ilustrasi peluang usaha di ekonomi kreatif /rawpixel/

KEPRI POST - Ragam peluang usaha dan ide bisnis semakin bermunculan pada tahun 2023 mendatang termasuk di bidang ekonomi kreatif.

Belakangan ini, kamu mungkin mulai sering mendengar istilah ekonomi kreatif, yaitu konsep perekonomian yang mengedepankan kreativitas serta informasi. Dalam konsep ekonomi kreatif, ide dan kreativitas menjadi aset utama.

Baca Juga: Peluang Usaha Bidang Kesehatan di 2023, Simak Ide Bisnis dan Prospek Cuannya

Industri Kreatif adalah salah satu bentuk industri yang memanfaatkan dan memodifikasi sumber daya yang sifatnya inovatif.

Saat ini kompetisi bisnis semakin tinggi sehingga pengusaha dituntut lebih menggali peluang usaha di bidang industri kreatif untuk menarik perhatian konsumen.

Industri kreatif bisa diartikan penciptaan produk, desain dan pola dari hasil penciptaan yang sudah ada dengan mengandalkan kreatifitas sebagai kekayaan intelektual yang dimiliki.

Jadi, ada banyak sekali bisnis di bidang ekonomi kreatif yang bisa dijalankan oleh UMKM dan berpeluang besar mendatangkan keuntungan, misalnya advertising, arsitektur, desain, dan kerajinan.

Baca Juga: Peluang Usaha Beauty Industry di 2023, Cek Ide Bisnis dan Potensi Untungnya

Bahkan, konsep ekonomi kreatif juga bisa diterapkan dalam bisnis fesyen, tergantung pendekatan yang kamu lakukan. Kamu merasa selalu berpikir out of the box? Bidang bisnis ini mungkin sesuai untukmu.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x