Aman dari Iklan di Handphone, Begini Cara Aktifkan Fitur Auto Blocker dan Maintenance Mode

- 22 Mei 2024, 18:00 WIB
Inilah cara mengaktifkan fitur Auto Blocker dan Maintenance Mode agar aman dari iklan yang mengganggu di handphone.
Inilah cara mengaktifkan fitur Auto Blocker dan Maintenance Mode agar aman dari iklan yang mengganggu di handphone. /tangkap layar/samsung/

KEPRI POST - Iklan yang muncul secara tiba-tiba dan terkadang dengan jumlah yang banyak sangat mengganggu bagi pengguna handphone atau Hp. Keberadaan iklan tersebut bisa memperlambat kinerja perangkat dan mengurangi kenyamanan pengguna.

Bagi pengguna handphone Samsung, Anda tak perlu khawatir lagi, karena ada fitur Auto Blocker yang menawarkan keamanan untuk menjaga privasi pengguna. Dengan Auto Blocker, kamu bisa mencegah perangkat mengunduh aplikasi dari sumber yang mencurigakan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada penggunanya.

Fungsi ini akan sangat berguna buat kamu yang tak sengaja memencet iklan-iklan mencurigakan di situs web yang kerap mengarahkan perangkat untuk download aplikasi tertentu. Jadi, data kamu akan lebih aman dari malware atau virus yang kerap menyusup ke dalam perangkat lewat aplikasi-aplikasi di luar platform resmi seperti Google Play Store dan Samsung Galaxy Store.

Baca Juga: Bikin Hidup Makin Praktis! Ini 3 Tips Pakai Galaxy AI Bahasa Indonesia di Samsung Galaxy S24 Series

Selain itu, Auto Blocker juga dapat memblokir perintah-perintah yang masuk ke perangkat melalui port USB. Fungsi ini berguna untuk melindungi pengguna saat menghubungkan HP dengan device tertentu, misalnya ketika memindahkan file ke komputer.

Berikut cara mengaktifkan fitur Auto Blocker:

  • Masuk ke “Settings”, pilih “Security and Privacy”.
  • Scroll ke bawah dan akses menu “Auto Blocker”.
  • Di menu “Auto Blocker”, pilih “On” untuk menyalakan dan “Off” untuk mematikan fitur tersebut.
  • Jika dalam kondisi “On”, maka pengguna bisa melakukan konfigurasi yang lebih advanced, seperti menyalakan “Messaging app protection” atau “Block software updates by USB cable”.
  • Samsung memberi keleluasaan bagi pengguna untuk menyalakan atau mematikan fitur ini kapan pun dibutuhkan.

Manfaatin Maintenance Mode buat punya privasi yang aman saat HP sedang diservis

Handphone pribadi kamu pastinya butuh diperiksa secara berkala agar setiap sistem yang ada di device tersebut tetap dalam kondisi yang prima meski sudah digunakan untuk waktu yang lama. Tapi untuk memastikan setiap data yang ada di device tersebut tetap aman saat sedang diberikan kepada teknisi untuk diperiksa, kamu bisa menyalakan fitur Maintenance Mode. Fitur ini sangat berguna sehingga pihak teknisi dapat mengoperasikan fungsi inti tanpa mengakses informasi pribadi yang tersemat di smartphone tersebut.

Jika fitur ini sudah diaktifkan, maka orang lain juga tidak bisa menghapus aplikasi yang telah pengguna instal. Data atau akun yang dihasilkan saat menggunakan Maintenance Mode akan dihapus secara otomatis setelah pemilik keluar dari Maintenance Mode.

Berikut cara mengaktifkan fitur Maintenance Mode:

  • Masuk ke “Settings”.
  • Pilih “Device Care”.
  • Pilih “Maintenance Mode”.
  • Pilih Menu “Secure Wi-Fi”.
  • Klik “Turn On” untuk menyalakan fitur ini.
  • Restart device sesuai dengan instruksi dan kini data-data pribadi di HP kamu sudah aman.

Periksa keamanan aplikasi secara berkala dengan App Protection, mudah dan otomatis!

Melakukan pemeriksaan atau scanning terhadap hp kamu secara berkala menjadi hal yang penting untuk meminimalisir potensi peretasan dan pencurian data seperti yang kerap terjadi di ruang digital belakangan ini. Hanya saja, terkadang melakukan pengecekan semua data di hp kita satu per satu setiap waktunya akan menjadi aktivitas yang merepotkan.

Maka dari itu, Galaxy S24 Series memiliki fitur App Protection yang menawarkan proteksi tambahan terhadap virus atau malware di dalam perangkat dengan simpel dan praktis. Fitur App Protection memungkinkan kamu scanning seluruh aplikasi dan file yang ada di dalam HP secara otomatis, jadi kamu tak perlu repot mengecek file atau aplikasi satu per satu.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah