Angkat Budaya Lokal, Ghaniyya Alyssa Hadirkan Tas Souvenir Batam dari Anyaman Serasan hingga Songket Melayu

- 4 Juni 2024, 21:45 WIB
Akmaliah Siregar, Owner Tas Souvenir Batam Ghaniyya Alyssa.
Akmaliah Siregar, Owner Tas Souvenir Batam Ghaniyya Alyssa. /kepripost.com/Zaki Setiawan

KEPRI POST - Kepulauan Riau (Kepri) merupakan daerah yang kaya akan budaya dmenyimpan pesona tak terhingga, salah satunya melalui produk khasnya. Di antara produk khas daerah tersebut dihadirkan Tas Souvenir Batam, Ghaniyya Alyssa.

Ghaniyya Alyssa mengusung budaya lokal dalam setiap tas souvenir yang diproduksinya. Ada tas dari anyaman Serasan, salah satu pulau di wilayah perbatasan Natuna. Anyaman ini memiliki pola unik yang memadukan bahan kanvas dengan anyaman pandan daerah setempat.

Ada juga tas dari batik Batam dan songket Melayu. Tas souvenir khas daerah ini memiliki kualitas dan bahan yang bagus, bisa menjadi sesuatu yang berharga bagi yang mengoleksinya.

Baca Juga: Lotahijab Batam: Hijab Nyaman dan Berkualitas untuk Muslimah Muda

Owner Ghaniyya Alyssa, Akmaliah Siregar mengungkapkan, nama Ghaniyya diambil dari nama anak pertamanya, sedangkan Alyssa adalah anak keduanya. Ia memproduksi tas-tas souvenir itu dari teras rumahnya, Taman Marcelia Blok D3 Nomor 166 Batam Center, Kota Batam.

"Saya merintis usaha pada tahun 2020, dan fokus membuat tas souvenir mulai Januari 2023," ujarnya kepada KepriPost.com, Selasa, 4 Juni 2024.

Tas Souvenir Batam Ghaniyya Alyssa dengan motif batik khas Batam.
Tas Souvenir Batam Ghaniyya Alyssa dengan motif batik khas Batam.

Tas Handmade dan Souvenir Khas Kepri

Akmaliah mengawali usahanya dengan membuat masker untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sedang tinggi, seiring mewabahnya pandemi Covid-19 pada 2020. Ia belajar usaha secara otodidak, termasuk cara menjahit.

Keterampilan menjahit Akmaliah semakin membaik setelah mengikuti program pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam. Usahanya pun makin berkembang dengan membuat tas souvenir untuk ulang tahun, acara pernikahan, tas handphone, hampers, handbag atau slingbag, hingga souvenir eksklusif perusahaan

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah