Jadwal Imsakiyah Bintan Selama Puasa Ramadhan 2023

- 17 Maret 2023, 20:05 WIB
Berikut jadwal imsakiyah di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) selama puasa Ramadhan 2023.
Berikut jadwal imsakiyah di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) selama puasa Ramadhan 2023. /Facebook/bintan/

KEPRI POST - Berikut jadwal imsakiyah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) selama puasa Ramadhan 2023. Imsakiyah adalah jadwal atau waktu untuk memulai puasa, sedangkan berbuka adalah waktu untuk mengakhiri puasa yang ditandai dengan adzan Magrib.

Jadwal imsakiyah dan buka puasa Ramadhan 2023 ini berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, termasuk di Bintan. Hal ini karena waktu terbit dan terbenamnya matahari memiliki zona waktu yang tidak sama di setiap daerah.

Dengan mengetahui jadwal imsakiyah dan buka puasa, warga Bintan dapat mempersiapkan diri untuk berpuasa dan beribadah lebih teratur selama Ramadhan 2023.

Dalam Al Qur'an Surat Al Baqarah ayat 183 Allah Subhanahu wa Ta'ala mewajibkan berpuasa bagi orang-orang yang beriman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan pada orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertakwa." (QS Al Baqarah: 183).

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Kota Tanjungpinang Selama Puasa Ramadhan 2023

Banyak manfaat dan keutamaan yang terkandung dalam ibadah puasa, baik secara jasmani maupun secara rohani. Tidak sekadar menahan diri dari yang membatalkan, namun juga untuk mengembangkan sifat sabar dan ketaatan kepada Allah. Selain itu, puasa juga mengajarkan muslim akan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial.

Terdapat dua kesenangan bagi orang yang berpuasa Ramadhan, yakni kesenangan ketika berbuka dan kesenangan ketika berjumpa dengan Allah. Orang yang berpuasa senantiasa dalam keadaan ibadah, baik pada siang ataupun malam hari.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah