Ini Penyebab Kecelakaan Kerja di Marcopolo Shipyard Batam, Anggota DPRD: Itu Konyol

- 7 Desember 2022, 14:40 WIB
Kecelakaan kerja di galangan kapal PT Marcopolo Shipyard Tanjunguncang, Batam mengungkap banyak penyebab.
Kecelakaan kerja di galangan kapal PT Marcopolo Shipyard Tanjunguncang, Batam mengungkap banyak penyebab. /Tangkap layar/marcopolo/

KEPRI POST - Kasus kecelakaan kerja di perusahaan galangan kapal PT Marcopolo Shipyard di kawasan Tanjunguncang, Kota Batam, mengungkap sejumlah penyebab dan kejanggalan.

Penyebab kecelakaan kerja di PT Marcopolo Shipyard Batam ini terkait dengan beberapa hal. Mulai dari perlengkapan safety atau keselamatan kerja yang masih menjadi pertanyaan hingga prosedur.

Bahkan, Kabid Keselamatan Berlayar dan Penegakan Hukum KSOP Batam, Amir Makbul mengaku tak pernah menerima permohonan izin tank cleaning di PT Marcopolo Shipyard Batam.

"Kami tidak pernah menerima permohonan tank cleaning dari PT Marcopolo, sehingga Kami tidak menerbitkan izin," mengutip keterangannya kepada media di Batam, Rabu 7 November 2022.

Baca Juga: Tak Hanya di PT Marcopolo Batam, 3.900 Kasus Kecelakaan Kerja Terjadi di Kepri hingga November 2022

Anggota Komsi IV DPRD Batam, Muhammad Mustofa terlihat kaget mendengar tidak anya izin dalam kegiatan tank cleaning di perusahaan galangan tersebut.

Ia menilai bahwa keberanian perusahaan untuk melakukan kegiatan tanpa izin merupakan hal yang konyol.

"Kalau tidak ada izin, itu konyol, lah, kok bisa tanpa izin kegiatan berjalan," katanya.

Sebelumnya, dalam rapat di Komisi IV DPRD Batam terungkap bahwa kasus kecelakaan kerja di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sangat tinggi. Data pihak terkait hingga November 2022, kasus kecelakaan kerja mencapai 3.900 kasus.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah