Ada Timbunan Sampah di Batam? Hubungi Nomor Ini

- 22 April 2023, 20:30 WIB
Masyarakat Batam diajak mengantisipasi peningkatan timbunan sampah. Hubungi nomor ini jika ada timbunan sampah.
Masyarakat Batam diajak mengantisipasi peningkatan timbunan sampah. Hubungi nomor ini jika ada timbunan sampah. /Ilustrasi sampah Batam/

KEPRI POST - Wali Kota Batam menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Sampah dalam Rangka Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Edaran ini untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan volume timbunan sampah pada Idul Fitri.

Melalui edaran tersebut, Pemko Batam mengimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, karena berpotensi meningkatkan timbunan sampah. Hal ini karena sifat sampah plastik yang sulit terurai dan bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.

Sekda Kota Batam Jefridin mengimbau seluruh Camat se-Batam, pengelola hotel, objek wisata, pusat perbelanjaan, mal, pasar, rumah, pengelola pelabuhan dan bandara untuk mengantisipasi timbunan sampah. Sehingga tidak terjadi lonjakan sampah dan menjadikan lingkungan tetap bersih dan sehat.

 

"Jangan terlalu berharap kepada petugas kebersihan, karena jumlah mereka sedikit, sementara yang membuang sampah sangat banyak," katanya, Jumat 21 April 2023.

Baca Juga: Ganggu Pengendara, Dinas DLH Batam Angkut Kontainer Sampah di Pinggir Jalan Kampung Air

Untuk mengoptimalkan edaran tersebut, Jefridin meminta para camat dan lurah agar memasang spanduk, baliho atau poster yang berisi imbauan kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

Ia juga berharap pengelola tempat keramaian dan lokasi usaha dapat menyediakan tempat pembuangan sampah secara terpisah. Pelaku usaha juga bisa menggunakan kemasan yang ramah lingkungan seperti wadah atau kotak yang bisa digunakan kembali.

 

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah