Tingkat Pengangguran Kepri Urutan 2 Tertinggi se-Indonesia, Terbanyak di Kota Batam

- 24 Mei 2024, 16:00 WIB
Tingkat pengangguran Kepri berada di urutan kedua tertinggi se-Indonesia, terbanyak ada di Kota Batam.
Tingkat pengangguran Kepri berada di urutan kedua tertinggi se-Indonesia, terbanyak ada di Kota Batam. /tangkap layar/Batamindo/

KEPRI POST - Tingkat pengangguran di Provinsi Kepulauan Riau atau Kepri menempati urutan dua tertinggi se-Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru, tingkat pengangguran Kepri mencapai 6,94 persen dengan 74,78 ribu orang menganggur.

Angka pengangguran Kepri hanya terpaut di bawah Provinsi Banten yang berada di urutan pertama dengan 7,02 persen. Angka pengangguran terendah ditempati Provinsi Papua Pegunungan dengan 1,18 persen dan Provinsi Bali dengan 1,87 persen.

Adapun jumlah pengangguran terbanyak di Kepri terdapat di Kota Batam, jumlahnya mencapai 52.203 orang menganggur hingga Agustus 2023. Jumlah tersebut setara dengan 69,8 persen dari total 74,78 ribu orang pengangguran se-Kepri.

Baca Juga: Program Pemagangan 2024: Solusi Atasi Pengangguran di Kepulauan Riau

Sebagai informasi, tingkat pengangguran merupakan salah satu indikator penting dalam mengukur kondisi tenaga kerja di suatu daerah. Hal ini merujuk pada persentase angkatan kerja yang aktif mencari pekerjaan, namun belum menemukan pekerjaan pada periode tertentu.

Dampak dari tingginya pengangguran dapat mengurangi daya beli masyarakat, menurunkan pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan beban pada sistem kesejahteraan sosial.

Angka pengangguran yang tinggi juga dapat menyebabkan masalah sosial, seperti kemiskinan, kriminalitas, hingga masalah kesehatan mental.

Penyebab Pengangguran di Kepri Tinggi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri, Mangara M. Simarmata mengatakan, lulusan SMA sederajat mendominasi tingginya angka pengangguran di Kepulauan Riau.

"Umumnya, angkatan kerja kita didominasi oleh pendidikan SMA," ujarnya, Senin 20 Mei 2024.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah