Ikuti Pendampingan Sertifikat Halal di Batu Besar Nongsa bagi UMKM Batam

- 7 Juni 2024, 17:57 WIB
Ikuti pendampingan sertifikat halal bagi pelaku UMKM Batam, dapat sertifikat halal gratis.
Ikuti pendampingan sertifikat halal bagi pelaku UMKM Batam, dapat sertifikat halal gratis. /tangkap layar/pendamping PPH Kepri/

KEPRI POST - Kabar baik bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Batam yang ingin mendapatkan sertifikat halal, ikuti kegiatan pendampingan pada Rabu, 12 Juni 2024 jam 10.00 WIB. Kegiatan akan dilaksanakan di depan Cahaya Garden, Pantai Melayu, Nongsa bagi para pelaku UMKM Kampung Melayu, Batu Besar.

Pendamping Proses Produk Halal (PPH) Kepri, Asyraf Almutawwakil mengatakan, program pendampingan sertifikat halal ini gratis. Layanan ini untuk membantu pelaku usaha, khususnya UMKM dalam memenuhi persyaratan kehalalan produk dan mendapatkan sertifikat halal.

"Program ini gratis dan peserta akan mendapatkan sertifikat halal, sertifikat NIB, ilmu bermanfaat, serta relasi bisnis," ujarnya, Jumat, 7 Juni 2024.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Kota Batam: Ini 5 Ide Usaha Menguntungkan bagi UMKM di Era Digital

Dalam program pendampingan sertifikat halal, pelaku UMKM akan diberikan pemahaman tentang konsep halal dan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) serta penerapannya dalam proses produksi dan pengolahan produk.

Program ini penting bagi pelaku usaha dalam mempersiapkan dokumen dan persyaratan untuk pengajuan sertifikat halal.

Oktober 2024 Wajib Bersertifikat Halal

Pada tanggal 17 Oktober 2024, seluruh produk makanan dan minuman yang beredar dan diperdagangkan di Indonesia wajib bersertifikat halal. Menolak kewajiban ini bisa dikenai sanksi tegas, mulai dari penarikan barang dari peredaran hingga denda yang bisa mencapai Rp 2 miliar.

Ketentuan tersebut diatur dalam Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) dan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.

Bagi masyarakat muslim, mengonsumsi produk halal merupakan kewajiban agama. Sertifikat halal memberikan jaminan bahwa produk tersebut telah melalui proses pemeriksaan dan dinyatakan halal oleh lembaga berwenang, sehingga aman dan sesuai dengan syariat Islam.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah