Ini Manfaat dan Dampak Interaksi Sosial dari Sisi Ekonomi, Sosial Budaya, dan Moral

- 14 Mei 2024, 19:00 WIB
Sebagai makhluk sosial, manusia tidak pernah lepas dari interaksi sosial. Proses interaksi dapat serjadi jika ada dua atau lebih pihak yang saling berhubungan.
Sebagai makhluk sosial, manusia tidak pernah lepas dari interaksi sosial. Proses interaksi dapat serjadi jika ada dua atau lebih pihak yang saling berhubungan. /

Kepri Post - Sebagai makhluk sosial, manusia tidak pernah lepas dari hubungan sesama mereka atau interaksi sosial.

Proses interaksi sosial ini dapat terjadi jika ada dua atau lebih pihak yang saling berhubungan.

Namun, interaksi sosial yang dilakukan juga memiliki manfaat dan dampak bagi kehidupan manusia. Dampak tersebut dapat terlihat pada berbagai bidang kehidupan berikut ini:

1. Bidang Ekonomi

Untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. manusia melakukan banyak interaksi. Hubungan dalam bidang ekonomi dapat dijumpai pada tempat- tempat perdagangan, seperti toko, warung, pasar, atau supermarket.

Hubungan antara penjual dan pembeli memberikan dampak bagi kedua pihak Penjual mendapatkan keuntungan sebagai usaha untuk meningkatkan kesejahteraan.

Pembeli mendapatkan barang atau jasa sebagai wujud pemenuhan kebutuhan.

2. Bidang Sosial Budaya

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia melakukan interaksi satu dengan lainnya. Hubungan dalam bidang sosial budaya dapat dijumpai pada tempat-tempat seperti sekolah, kantor, atau tempat ibadah.

Interaksi yang baik akan memberikan dampak yang baik pula, seperti timbulnya rasa persaudaraan, meningkatnya solidaritas, rasa kekeluargaan, serta kokohnya rasa persatuan dan kesatuan.

3. Bidang Moral

Selain berdampak pada bidang ekonomi serta sosial dan budaya, interaksi sosial juga berpengaruh terhadap nilai moral dalam masyarakat.

Seseorang yang terbiasa berinteraksi dalam lingkungan buruk, lambat laun akan memengaruhi perilaku orang tersebut. Hal ini akan berdampak pada nilai moral yang dimiliki.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah