Iklan Layanan Masyarakat: Pentingnya Informasi untuk Publik

- 22 Mei 2024, 15:00 WIB
 Iklan adalah alat penting untuk menyampaikan informasi kepada publik, baik tentang produk maupun jasa.
Iklan adalah alat penting untuk menyampaikan informasi kepada publik, baik tentang produk maupun jasa. /Pixabay.com/Wokandapix

Kepri Post - Iklan adalah alat penting untuk menyampaikan informasi kepada publik, baik tentang produk maupun jasa.

Namun, iklan tidak selalu bersifat komersial. Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang bertujuan memberikan informasi non-komersial yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Perbedaan Iklan Komersial dan Iklan Layanan Masyarakat

Pada umumnya, iklan komersial dikenakan biaya pemasangan. Sebaliknya, iklan layanan masyarakat biasanya dipasang tanpa biaya.

Iklan layanan masyarakat sering kali dibuat oleh lembaga non-komersial yang berfokus pada kepentingan publik.

Dukungan Pemerintah terhadap Iklan Layanan Masyarakat

Pemerintah Indonesia mendukung penuh keberadaan iklan layanan masyarakat.

Hal ini tercermin dalam Undang-Undang Penyiaran Pasal 33, yang menyatakan bahwa media massa wajib menyediakan waktu untuk iklan layanan masyarakat secara cuma-cuma atau gratis.

Ketentuan Waktu Siaran untuk Iklan Layanan Masyarakat

Berdasarkan Undang-Undang Penyiaran, media massa harus memberikan kesempatan siaran iklan layanan masyarakat sebanyak 10% dari total waktu siaran niaga untuk lembaga penyiaran swasta.

Sementara itu, lembaga penyiaran pemerintah diwajibkan menyiarkan iklan layanan masyarakat selama minimal 20 menit setiap harinya.

Kesimpulan

Iklan layanan masyarakat memainkan peran penting dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat dan meningkatkan kesadaran publik tentang berbagai isu.

Dukungan dari pemerintah dan media massa sangat krusial untuk memastikan informasi ini dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.***

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah