Fungsi Iklan Layanan Masyarakat: Pentingnya Informasi dan Kesadaran Publik

- 22 Mei 2024, 16:00 WIB
Iklan layanan masyarakat sering kita jumpai di berbagai media. Iklan ini memiliki peran yang sangat penting.
Iklan layanan masyarakat sering kita jumpai di berbagai media. Iklan ini memiliki peran yang sangat penting. /Pexels/

Kepri Post - Iklan layanan masyarakat sering kita jumpai di berbagai media. Iklan ini memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat karena fungsi-fungsinya yang beragam. Berikut ini adalah fungsi-fungsi utama dari iklan layanan masyarakat.

1. Memberikan Informasi (Informing)

Fungsi utama iklan layanan masyarakat adalah memberikan informasi kepada masyarakat mengenai program, layanan, atau aktivitas pemerintah yang berkaitan dengan sosial.

Dengan memberikan informasi yang akurat, masyarakat dapat mengetahui berbagai inisiatif yang sedang berlangsung dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi atau memanfaatkannya.

2. Membujuk Masyarakat (Persuading)

Iklan layanan masyarakat yang efektif dapat membujuk atau mempengaruhi masyarakat untuk ikut serta dalam program pemerintah. Seperti BPJS, pembuatan KTP, program Keluarga Berencana (KB), dan program lainnya.

Iklan yang baik dapat mengubah sikap dan perilaku masyarakat ke arah yang positif.

3. Mengingatkan Masyarakat (Reminding)

Iklan layanan masyarakat berfungsi untuk terus mengingatkan masyarakat tentang program-program yang sedang dijalankan oleh pemerintah.

Dengan seringnya iklan ini muncul, masyarakat tidak akan lupa dan tetap terinformasi tentang hal-hal penting yang harus mereka lakukan atau ikuti.

4. Menambahkan Nilai (Adding Value)

Periklanan juga dapat memberikan nilai tambah pada program tertentu melalui persepsi positif dari masyarakat.

Dengan iklan yang efektif, program-program pemerintah dapat terlihat lebih menarik dan bermanfaat, sehingga masyarakat lebih tertarik untuk terlibat.

Kesimpulan

Iklan layanan masyarakat memainkan peran yang sangat penting dalam memberikan informasi, membujuk, mengingatkan, dan menambahkan nilai pada program-program pemerintah.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah