Ketahui 3 Wujud Zat Beserta Sifat Fisika

- 9 Juni 2024, 13:00 WIB
Berdasarkan wujudnya, zat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu zat padat, zat cair, dan gas. Zat Padat adalah zat yang mempunyai bentuk.
Berdasarkan wujudnya, zat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu zat padat, zat cair, dan gas. Zat Padat adalah zat yang mempunyai bentuk. /pexels.com

Kepri Post - Berdasarkan wujudnya, zat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu zat padat, zat cair, dan gas.

Zat padat adalah zat yang mempunyai bentuk dan volume yang tetap. Susunan molekul zat padat teratur dan gaya tarik-menarik antarmolekulnya kuat.

Partikel zat padat tidak dapat bergerak bebas, hanya dapat bergetar dan berputar sehingga bentuk zat padat selalu tetap. Contohnya, es batu, tas, lemari, dan komputer.

Sedangkan zat cair adalah zat yang mempunyai volume tetap, tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai wadah atau ruang yang ditempatinya.

Susunan molekul zat cair kurang teratur dan jarak antarmolekulnya kurang rapat sehingga gaya tarik-menarik antarmolekulnya kurang kuat dibandingkan zat padat.

Partikel zat cair dapat bergerak berpindah tempat, tetapi tidak mudah meninggalkan kelompoknya. Contohnya, air kran, air sumur, larutan, air mineral, dan sirup.

Sementara itu gas adalah zat yang mempunyai bentuk dan volume yang tidak tetap. Susunan molekul gas tidak teratur sehingga gaya tarik-menarik antar-molekulnya sangat lemah. Contohnya udara, gas nitrogen, dan gas oksigen.

Sifat Fisika Zat

Secara umum, sifat fisika suatu zat terdiri atas titik didih, titik beku, titik leleh, warna, kelarutan, daya hantar listrik, kemagnetan, kekerasan, dan daya tarik.

1. Titik Didih

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah