Sifat Kimia

- 9 Juni 2024, 16:00 WIB
Sifat kimia merupakan sifat zat yang tidak dapat diamati secara langsung karena ber- hubungan dengan terbentuknya zat yang baru.
Sifat kimia merupakan sifat zat yang tidak dapat diamati secara langsung karena ber- hubungan dengan terbentuknya zat yang baru. /usertrmk on Freepik

Kepri Post - Sifat kimia merupakan sifat zat yang tidak dapat diamati secara langsung karena ber- hubungan dengan terbentuknya zat yang baru. Sifat-sifat zat yang termasuk ke dalam sifat kimia di antaranya berkarat, mudah terbakar, mudah meledak, dan memiliki pH tertentu.

1. Berkarat

Suatu benda yang terbuat dari logam dapat bereaksi dengan oksigen membentuk karat. Salah satu contoh logam yang mudah berkarat adalah besi

2. Mudah Terbakar

Kayu dan bensin merupakan contoh bahan yang mudah terbakar, Mudah terbakar adalah kemampuan suatu bahan mudah bereaksi dengan oksigen. Bahan tersebut dapat berupa bahan cair, padat, dan gas

3. Mudah Meledak

Bahan kimia mudah meledak dapat disebabkan oleh panas, benturan, gesekan atau kejutan akan bereaksi, dan terurai secara cepat dengan sendirinya. Contoh bahan kimia yang mudah meledak di antaranya magnesium, natrium, dan TNT.

4. Memiliki pH Tertentu

pH merupakan sifat kimia yang menunjukkan tingkat keasaman suatu bahan atau zat. Nilai pH suatu zat berkisar antara 1-14.

Suatu zat yang memiliki nilai pH kurang dari tujuh, maka zat tersebut bersifat asam. Jika nilai pH suatu zat memiliki nilai lebih dari tujuh, maka zat tersebut bersifat basa. Adapun zat yang memiliki nilai pH sama dengan tujuh, maka zat tersebut bersifat netral.

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah