Pengertian Kalor

- 10 Juni 2024, 16:00 WIB
 Ketika kamu memanaskan air hingga mendidih, air mengalami perubahan suhu dan adanya perubahan wujud zat dari zat cair menjadi uap air.
Ketika kamu memanaskan air hingga mendidih, air mengalami perubahan suhu dan adanya perubahan wujud zat dari zat cair menjadi uap air. /Image from unsplash.com

Kepri Post - Ketika kamu memanaskan air hingga mendidih, air mengalami perubahan suhu dan adanya perubahan wujud zat dari zat cair menjadi uap air.

Kedua peristiwa fisika ini disebabkan oleh panas atau kalor. Kalor merupakan suatu bentuk energi yang dipindahkan oleh benda bersuhu lebih tinggi ke benda bersuhu rendah.

Terjadinya perubahan suhu dan wujud zat serta terjadinya pemuaian adalah akibat yang ditimbulkan oleh kalor. Satuan dari besaran kalor adalah kalori (kal).

Namun karena kalor termasuk energi, maka satuan kalor dapat menggunakan satuan energi yaitu joule (melalui penyetaraan).

Hubungan satuan kalori dan joule ditemukan oleh James P. Joule. Joule menyatakan bahwa: 1 kalori 4,2 joule atau 1 joule = 0,24 kalori

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah