4 Pengaruh Kalor Beserta dengan Perpindahannya

- 10 Juni 2024, 17:00 WIB
enguapan terjadi karena molekul-molekul zat cair yang lebih dekat ke permukaan mampu bergerak lebih cepat dan melepaskan diri
enguapan terjadi karena molekul-molekul zat cair yang lebih dekat ke permukaan mampu bergerak lebih cepat dan melepaskan diri /JG/Fanny/Freepik

Be

Kepri Post - Berikut empat pengaruh kalor, mulai dari mempercepat penguapan, hingga proses mendidih, melebur, dan membeku:

1. Mempercepat Penguapan

Penguapan terjadi karena molekul-molekul zat cair yang lebih dekat ke permukaan mampu bergerak lebih cepat dan melepaskan diri dari permukaan zat cair untuk membentuk uap air gas).

Ada beberapa cara untuk mempercepat proses penguapan yakni memperluas permukaan, mengurangi tekanan pada permukaan, dan mempercepat proses penguapan dengan meniupkan udara kering di atas permukaan.

2. Kalor untuk Menaikkan Suhu

Perubahan kalor dapat menyebabkan terjadinya perubahan suhu benda. Jika kalor diberikan pada suatu benda, suhu benda tersebut akan bertambah begitupun sebaliknya.

Pada selang waktu yang sama, semakin besar massa zat, semakin banyak kalor yang diserap atau dilepaskan oleh zat tersebut.

Oleh karena itu, kalor yang diberikan pada suatu zat sebanding dengan massa zat, sedangkan kalor yang diberikan pada suatu zat sebanding degan kenaikan suhu zat tersebut dan kalor yang diberikan pada suatu zat sebanding dengan kalor jenis zat. Dari pernyataan tersebut, dapat dirumuskan sebagai berikut.

Q = mc*Delta*T

dengan Q = adalah kalor (J 11; m = massa zat (kg); c = kalor jenis ( J / k g^ prime prime C); dan triangle T = kenaikan suhu (°C).

3. Kalor Jenis

Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu setiap 1 kilogram zat sebesar 1°Celsius.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah