Energi dan Berbagai Sumber Energi

- 10 Juni 2024, 21:00 WIB
 Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan.
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan. /

Kepri Post - Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Kemampuan ini diukur dengan variabel waktu dan besarnya usaha yang dilakukan.

Energi kimia adalah energi yang paling dibutuhkan oleh makhluk hidup, dikarenakan pada bentuk kimiawi, energi dapat disimpan lebih lama dalam makanan.

Di dalam metabolisme sel, ATP (adenosin trifosfat) adalah salah satu bentuk energi kimia yang paling penting untuk makhluk hidup.

Energi panas dapat muncul karena terjadi perubahan bentuk energi seperti pada reaksi energi kimiawi pada matahari yang mengakibatkan munculnya energi cahaya, api, serta panas yang berpindah secara radiasi.

Energi bunyi mampu dihasilkan oleh getaran, tabrakan, tumbukan, serta banyak peristiwa lainnya asalkan ada penghantar seperti udara atau benda lainnya.

Energi listrik muncul karena adanya perbedaan muatan antara dua buah titik penghantar dan diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi seperti air, angin, panas, cahaya, serta bahan bakar fosil.

Energi gerak muncul pada benda atau zat yang bergerak. Energi nuklir adalah energi yang berada dalam setiap materi atau zat yang tentunya tersusun atas atom-atom dan material penyusun atom. Energi nuklir diambil dari materi yang bersifat radioaktif seperti Uranium dan Plutonium.

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah