Jembatan Barelang Batam: Asal Nama, Pembuat, Jumlah, Panjang, dan Daya Tariknya

- 25 Juni 2023, 09:30 WIB
Inilah asal nama Jembatan Barelang Batam, lengkap dengan pembuat, jumlah dan panjang jembatan, serta daya tariknya.
Inilah asal nama Jembatan Barelang Batam, lengkap dengan pembuat, jumlah dan panjang jembatan, serta daya tariknya. /tangkap layar/BP Batam/

KEPRI POST - Belum resmi berkunjung ke Batam kalau belum mengunjungi Jembatan Barelang yang terletak di Kecamatan Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). 

Jembatan Barelang merupakan ikon Kota Batam dan landmark Pulau Batam ini memiliki keunikan tersendiri, karena sambung-menyambung menjadi satu kesatuan.

Beberapa pulau terhubung melalui Jembatan Barelang, seperti Pulau Batam, Tonton, Nipah, Setokok, Rempang, Galang, dan Pulau Galang Baru.

Baca Juga: 10 Detinasi Wisata Terpopuler di Batam, Ada Coastarina dan Ranoh Island yang Terkenal

Asal nama Barelang merupakan singkatan dari dari BAtam, REmpang, dan gaLANG, gugusan pulau yang ada di daerah ini.

Barelang Bridge, tempat asyik untuk berfoto di kawasan Jembatan Barelang Batam.
Barelang Bridge, tempat asyik untuk berfoto di kawasan Jembatan Barelang Batam.

Diprakarsai BJ Habibie, Dibuat Ratusan Insinyur

Pembangunan jembatan ini diprakarsai oleh Presiden ketiga RI, BJ Habibie saat menjabat selaku Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Ketua Badan Otorita Batam.

BJ Habibie merancang infrastruktur Batam dan menargetkan Batam bisa tumbuh menjadi kota industri yang padat seperti negara tetangga, Singapura. Visinya adalah mengubah Pulau Rempang dan Galang menjadi lokasi industri di luar pulau utama Batam untuk pemerataan pembangunan. 

Habibie mencetuskan teori terkenal dalam pembangunan jembatan ini, yakni Teori Balon. Teori ini mengibaratkan perekonomian Singapura, Batam dan kawasan sekitarnya seperti balon yang satu sama lainnya terhubung oleh katup.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah