Asik,,, UMKM Kepri Bisa Dapat Pinjaman Modal Usaha Rp40 Juta Bunga 0 Persen, Ini Syaratnya

- 22 Mei 2024, 11:00 WIB
Ini syarat pelaku UMKM di Kepri bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga 0 persen.
Ini syarat pelaku UMKM di Kepri bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga 0 persen. /ilustrasi/

KEPRI POST - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meningkatkan plafon pinjaman modal usaha untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Rp20 juta menjadi Rp40 juta. Pemprov bekerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah untuk melaksanakan program pinjaman tanpa bunga bagi UMKM Kepri.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, UMKM Kepri tidak perlu lagi membayar bunga untuk program pinjaman modal usaha tersebut. Karena Pemprov Kepri yang akan menanggung bunga pinjaman melalui dana APBD.

"Bunga 11 persen yang harusnya dibayar oleh peminjam, kami tanggung sepenuhnya dengan APBD Kepri," ujarnya, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca Juga: Jumlah UMKM Kepri 146.638 Usaha, Terbanyak di Kota Batam

Ansar menjelaskan, Pemprov Kepri menargetkan program pinjaman modal usaha bunga 0 persen hingga Rp60 miliar untuk 2.000 pelaku UMKM pada tahun 2024.

Kebijakan ini untuk mendukung eksistensi UMKM Kepri dan sebagai wujud komitmen Pemprov Kepri dalam mendorong pelaku usaha agar terus maju dan berkembang.

"Kita akui beberapa waktu lalu ketika terjadi turbulensi ekonomi begitu berat, karena pandemi Covid-19 selama dua tahun. Dan UMKM menjadi salah satu penyelamat ekonomi bangsa ini," jelasnya.

Bagaimana Cara Dapat Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga di Kepri?

Program bantuan pinjaman modal usaha bunga 0 persen dikhususkan bagi pelaku UMKM di Kepri. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing UMKM dan mendongkrak perekonomian daerah.

Adapun persyaratan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa bunga adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah