8 Tempat Ikonik di Batam yang Terkenal dan Wajib Kamu Kunjungi

- 12 April 2024, 14:00 WIB
Dataran Engku Putri, tempat ikonik di Batam yang terkenal.
Dataran Engku Putri, tempat ikonik di Batam yang terkenal. /Dok. Dispar Batam

Inilah rekomendasi 8 tempat ikonik di Batam yang terkenal hingga mancanegara dan wajib kamu kunjungi ketika datang ke kota ini.

Beberapa tempat ikonik seperti Welcome To Batam menawarkan penanda bahwa kamu sudah menginjakkan kaki ke Batam. Begitu juga Jembatan Barelang dengan panorama pulau-pulau di sekitarnya dan aktivitas para nelayan mencari ikan.

Melansir berbagai sumber, berikut 8 tempat ikonik di Batam yang terkenal dan menjadi tujuan kunjungan wisatawan.

1. Jembatan Barelang

Barelang merupakan singkatan dari tiga pulau, yakni BAtam, REmpang, dan gaLANG. Jembatan ini menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau di sekitarnya, seperti Pulau Tonton, Rempang, Galang, dan Galang Baru.

Pembangunan jembatan yang menjadi ikon Kota Batam ini diprakarsai oleh BJ Habibie saat menjabat sebagai Ketua Otorita Batam. Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang digarap ratusan insinyur Indonesia, tanpa melibatkan pakar luar negeri.

Penyematan nama Barelang pada jembatan tersebut ternyata lebih terkenal dari nama aslinya, yakni Jembatan Fisabilillah. Jembatan bertipe cable stayed bridge ini membentang sepanjang 642 meter, menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton.

2. Welcome to Batam

Welcome to Batam merupakan landmark ikonik yang bertengger di ketinggian Bukit Clara, Batam Center.

Tempatnya strategis, di sekitar pusat pemerintahan daerah, dan cocok bagi wisatawan atau pengunjung untuk berselfie ria berlatar tulisan yang menandakan bahwa kamu sudah menginjakkan kaki di Batam.

Tulisan Welcome to Batam di atas bukit tersebut sangat mencolok dengan ukuran tinggi 10 meter dan panjang sekitar 120 meter.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah