Tahapan Perkembangan Society 5.0 yang Dicetuskan Jepang

- 2 Agustus 2022, 17:07 WIB
ilustrasi society 5.0
ilustrasi society 5.0 /rawpixel

KEPRI POST - Pemerintah Jepang mendefinisikan society 5.0 yaitu masyarakat yang terpusat pada manusia dimana dapat menyeimbangkan antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial menggunakan sistem yang mengintegrasikan dunia maya dan fisik.

Menurut Fukuyama dalam jurnal ekonomi yang berjudul “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society” pada 2018 menyebutkan bahwa society 5.0 diajukan oleh pemerintah Jepang merupakan konsep yang jelas.

Baca Juga: Sejarah Singkat Perkembangan Industri 4.0, Ini Negara Pertama Pencetusnya

Itu disusun dalam Rencana Dasar Sains dan Teknologi kelima oleh Dewan Sains, Teknologi dan Inovasi, dan disetujui oleh keputusan Kabinet pada Januari 2016.

Kemudian Fukuyama juga menjelaskan mengenai tahapan masyarakat (society) berdasarkan sejarah manusia.

Society 1.0 didefinisikan sebagai kelompok orang yang berkumpul dan berburu dalam hidup, kemudian berdampingan secara harmonis dengan alam, dimulai dari terciptanya manusia.

Baca Juga: Prediksi Industri Teknologi Indonesia ke depan dan Transformasi Digital Dunia Kerja

Society 2.0 membentuk kelompok berdasarkan budidaya pertanian, peningkatan organisasi dan pembangunan bangsa, dimulai dari 13.000 sebelum masehi.

Society 3.0 adalah masyarakat yang mempromosikan industrialisasi melalui revolusi industri 1.0, dimulai dari akhir abad 18.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x