Tips Menjaga Bumi di Tengah Perubahan Iklim, Sekaligus Bijak Kelola Finansial

- 24 April 2024, 13:00 WIB
Inilah tips menjaga bumi dan lingkungan di tengah perubahan iklim, sekaligus bijak dalam mengelola finansial.
Inilah tips menjaga bumi dan lingkungan di tengah perubahan iklim, sekaligus bijak dalam mengelola finansial. /tangkap layar/sequis/

KEPRI POST - Jutaan orang di seluruh dunia memperingati Hari Bumi atau Earth Day pada 22 April demi sebuah pesan yang kuat namun sering terabaikan.

Pesan itu adalah agar setiap individu mengambil peran melestarikan bumi demi kelangsungan hidup kita saat ini dan agar bumi tetap layak bagi generasi mendatang.

Menjaga bumi identik dengan isu perubahan iklim akibat pemanasan global, sehingga memerlukan kesadaran kolektif dari semua pihak.

Baca Juga: Ini 5 BLUD SMK di Kepri, Bisa Kelola Keuangan Sendiri Tanpa Berorientasi Keuntungan

Banyak aspek terkait untuk menanggulangi kerusakan bumi yang lebih fatal, mulai dari apa yang kita konsumsi agar sampah yang dihasilkan dapat dikelola, bagaimana kita berhemat menggunakan bahan bakar, hingga praktik gaya hidup yang mendukung hemat energi.

Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto berbagi cara dalam mengelola keuangan yang mencerminkan tingkat kepedulian kita pada lingkungan. Misalnya apakah barang-barang yang kita beli dapat meminimalkan pencemaran lingkungan, apakah kita dapat berhemat sehingga berkesempatan meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan apakah kita berinvestasi pada entitas yang melakukan praktik bisnis ramah lingkungan.

Mengelola keuangan dengan bijak identik dengan gaya hidup sederhana, berhemat, suka menabung dan membelanjakan uang hanya berdasarkan perencanaan keuangan yang sudah dibuat.

Baca Juga: Nostalgia ke Bumi Upi Garut, Nyaman Buat Nongkrong

Bagaimana cara mengatur keuangan sekaligus berkontribusi menyelamatkan planet bumi? Berikut tips sederhana dari Sequis yang dibagikan oleh Yan Ardhianto

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah