Ksatria Batam Sikat sampah hampir 5 ton Di Kampung Tua Tanjung Uma

- 20 Februari 2023, 14:34 WIB
Ksatria Batam Mengumpulkan Sampah
Ksatria Batam Mengumpulkan Sampah /

KEPRI POST - Di bawah terik matahari yang cetar membakar kulit. Belasan pemuda yang tergabung dalam wadah Ksatria Batam berjibaku mengangkat tumpukan sampah di selasar rumah panggung Kampung Tua Tanjung Uma, Minggu (19/2).

Kegiatan bersih-bersih sampah di Kota Batam yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB itu baru berakhir menjelang sore hari Mereka bukan saja melawan bau dan kotornya air di pinggiran kota itu, tapi juga harus menahan sengatan sinar matahari yang membakar kulit mereka.

"Semangat teman-teman Ksatria Batam sangat luar biasa. Ini patut diapresiasi. Mereka tidak takut kotor dan bau. Mereka juga tidak takut hitam karena terik matahari yang luar biasa dua hari ini." kata motor dan ketua Ksatria Batam, Dio Prayogi.

Baca Juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Apresiasi PT Karimun Anugrah Sejati, Buat Kapal Korvet KRI Bung Karno 369 di Batam

Dio Prayogi berharap semangat Ksatria Batam tidak akan kendor meskipun gerakan mereka tidak memberikan keuntungan pribadi. Kegiatan bersih-bersih yang murni tergerak dari dalam hati lantaran banyaknya keluhan masyarakat akibat banjir setiap kali hujan deras turun.

Hampir 5 ton sampah yang berhasil diangkat itu langsung diangkut ke TPA dari Selasar rumah panggung di sepanjang pesisir pantai Tanjung Uma yang awalnya tampak kumuh dan bau itupun sudah berkurang dari sebelum nya. "Kalau bersih kan memandangnya juga sedap" ujar Dio yang diaminkan teman-temannya.

Menurut Dio, sebelum menentukan lokasi kegiatan bersih-bersih sampah itu, anggota tim melakukan survei terhadap beberapa tempat. Kemudian mereka merapatkan menentukan tempat yang paling kumuh tumpukan sampahnya yang akan menjadi target aksi yang harus dilakukan.

"Kegiatan peduli terhadap lingkungan dari kebersihan akan terus kami lakukan sampai budaya bersih mengakar di masyarakat kota batam” jelas Dio.

Namun itu, Ksatria Batam menyadari banyaknya kekurangan terutama penindakan terhadap pembuang sampah sembarangan. Mereka berharap pemerintah melakukan tindakan lanjutan sesuai dengan ketentuan perundangan dan tanggung jawabnya.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah