Nama-Nama Baru Ramaikan Bursa Pilkada Bintan 2024

- 11 April 2024, 17:00 WIB
Sejumlah nama-nama baru meramaikan bursa Pilkada Bintan 2024.
Sejumlah nama-nama baru meramaikan bursa Pilkada Bintan 2024. /ilustrasi/kepripost.com/

KEPRI POST - Sejumlah nama baru muncul meramaikan bursa pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bintan atau Pilkada Bintan 2024 yang akan terselenggara pada November mendatang.

Dari berbagai polling dan perbincangan di tengah masyarakat Bintan, di antara nama-nama yang mencuat di Pilkada Bintan adalah petahana, Roby Kurniawan. Calon dari Partai Golkar tersebut, saat ini masih menjabat sebagai Bupati Bintan.

Berikutnya ada Khazalik dari Partai Nasdem, Agus Wibowo dari Partai Demokrat, Najib dari Partai Gerindra, Nikolas Panama, hingga Deby Maryanti yang merupakan istri dari Mantan Bupati Bintan Apri Sujadi.

Baca Juga: Golkar Siap Usung Amsakar Achmad Calon Wali Kota di Pilkada Batam 2024, Deklarasi Usai Lebaran

Berdasarkan hasil Pemilu 2024, hanya ada dua partai politik (parpol) yang bisa mengusung pasangan calon sendiri di Pilkada Bintan 2024. Kedua parpol tersebut adalah Partai Golkar yang memperoleh 7 dari 25 kursi DPRD Bintan dan Partai Demokrat yang meraih 6 kursi.

Sementara Partai Nasdem, Gerindra, dan PKS yang sama-sama meraih 3 kursi DPRD harus koalisi jika ingin mengusung pasangan calon di Pilkada Bintan. Begitu juga dengan PDIP yang hanya meraih 2 kursi dan PAN dengan 1 kursi DPRD.

Berdasarkan ketentuan, parpol atau gabungan parpol bisa mengusung calon di Pilkada jika memperoleh minimal 20 persen kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu terakhir.

Dari ketujuh parpol yang memperoleh kursi di DPRD Bintan, baru Partai Golkar yang telah menugaskan kadernya, Roby Kurniawan untuk maju lagi sebagai Calon Bupati Bintan di Pilkada 2024.

Sementara parpol-parpol lain masih belum memastikan, siapa yang bakal mereka usung untuk menjadi pasangan kepala daerah di Kabupaten Bintan.***

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah