PSM Makassar dan Persija Jadi Wakil Indonesia di Turnamen Bergengsi Shopee Cup Asean Club Championship

- 5 April 2024, 17:01 WIB
Ilustrasi pertandingan sepak bola.
Ilustrasi pertandingan sepak bola. /Freepik/creativeart/

KEPRI POST - Kabar dari Federasi Sepak bola ASEAN atau ASEAN Football Federation (AFF) telah menggemparkan dunia sepak bola. Pengumuman kembalinya ASEAN Club Championship tentunya membangkitkan antusiasme penggemar sepak bola yang telah lama menantikan persaingan antarklub terkemuka di Asia Tenggara. Jadi turnamen klub regional pertama di Asia Tenggara, pertandingan tersebut diharapkan dapat memberikan dinamika baru pada industri sepak bola. Para pendukung setia akan dihibur dengan 40 laga menarik, mereka bisa menyaksikan kualitas permainan yang luar biasa serta strategi dan kemampuan teknis yang memukau dari masing-masing klub kesayangannya.

Bersamaan dengan pemberitaan ‘Comeback’ dari turnamen bergengsi ini, AFF juga telah mengumumkan Shopee sebagai mitra resmi, ASEAN Club Championship, yang diberi nama Shopee Cup™. Berkolaborasi bersama mitra penyelenggara utama, Shopee serta mitra komersial eksklusif, SPORTFIVE, AFF ingin menciptakan masa depan yang semakin menarik bagi klub sepak bola ASEAN. Sejalan dengan upaya AFF menyesuaikan jadwal turnamen dengan kalender kompetisi Eropa, Shopee Cup™ dicanangkan akan dimulai tahun ini pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga 21 Mei 2025 mendatang.

Semakin menarik! Kampiun serta runner-up Liga 1 Indonesia musim lalu, PSM Makassar dan Persija Jakarta turut diundang menjadi perwakilan klub dari Indonesia untuk bertanding di Shopee Cup musim ini. Turnamen ini akan dimainkan dalam format liga dengan babak kualifikasi play-off dan fase grup, sebanyak 14 klub terbaik di ASEAN, akan berkompetisi memperebutkan gelar juara Shopee Cup™ ASEAN Club Championship setiap tahunnya.

Shopee Cup ASEAN Club Championship Segera Digelar, Kompetisi Sepak Bola Antarklub Tertinggi di Asia Tenggara.
Shopee Cup ASEAN Club Championship Segera Digelar, Kompetisi Sepak Bola Antarklub Tertinggi di Asia Tenggara.

Major General Khiev Sameth, President of ASEAN Football Federation (AFF), menyampaikan bahwa momen ini menandai langkah bersejarah bagi sepak bola ASEAN. Shopee Cup™ akan menjadi aspek penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi industri sepak bola di wilayah ini. Turnamen Shopee Cup™ akan memupuk aspirasi bagi klub-klub ternama untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia.

“Kami sangat bangga dapat bermitra bersama Shopee, perusahaan ASEAN yang dikenal secara global dan dapat menjadi mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah dengan membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN,” ujar Major General Khiev Sameth.

Sejalan dengan hal tersebut, Zhou Jun Jie, Chief Commercial Officer Shopee mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), sebagai sponsor utama dari turnamen antar klub terbesar di Asia tenggara, Shopee Cup™. Ajang ini menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda, khususnya para penggemar dan suporter sepak bola. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee, serta di saat yang sama dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna melalui ekosistem yang terintegrasi.”

Berbicara tentang kecintaan terhadap sepak bola, Asia Tenggara, wilayah operasional Shopee berdiri, dikenal sebagai salah satu kawasan dengan euforia suporter sepak bola yang terbaik di Asia, bahkan dunia. Berbagai turnamen antara negara dan liga di negara-negara anggota AFF yang pernah bergulir sukses menjadi barometer utama industri sepak bola di banyak negara.

Logo Shopee Cup.
Logo Shopee Cup.


Shopee Cup™ akan menampilkan para juara liga nasional dan pemenang piala (atau runner-up dalam situasi tertentu) dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (perwakilan dua tim setiap negara), serta Filipina dan Singapura (perwakilan satu tim setiap negara). Juara Liga Nasional Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat di Fase Grup turnamen saat babak kualifikasi play-off.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah