Contoh Brand Positioning Yang Baik dan Salah, Bos UMKM Wajib Paham

- 7 Agustus 2022, 17:25 WIB
ilustrasi pemilik UMKM sedang menyusun produk
ilustrasi pemilik UMKM sedang menyusun produk /rawpixel

KEPRI POST - Brand positioning adalah suatu kegiatan perusahaan untuk mendisain penawaran dan image sehingga memberikan nilai yang berbeda di dalam pikiran konsumen.

Dengan kata lain, brand positioning adalah sebuah kondisi yang menggambarkan bagaimana sebuah brand berbeda dari para pesaingnya dan di mana, atau bagaimana, brand tersebut berada di benak pelanggan.

Baca Juga: 4 Strategi Rahasia Membangun Brand Image Bisnis UMKM Jadi Terkenal dan Laris Dibeli Konsumen

Dari sini UMKM dibawa untuk memahami bahwa istilah positioning selalu berhubungan erat dengan istilah marketing lainnya yaitu perbedaan produk atau Product Differentiation.

Oleh karena itu, strategi pemosisian merek melibatkan pembentukan asosiasi merek di benak pelanggan atau dikenal dengan istilah brand associations untuk membuat pelanggan mempersepsikan merek dengan cara tertentu.

Baca Juga: Pengertian Brand Awareness dan Komponen Yang Mempengaruhinya

Hasil akhir dari positioning adalah keberhasilan dalam menciptakan fokus dalam benak konsumen konsumen serta alasan yang kuat mengapa konsumen harus membeli produk.

Apple dipersepsikan sebagai produk ponsel terbaik di dunia, Aqua sebagai air mineral paling bermutu, dan Porsche sebagai salah satu mobil sport terbaik di dunia.

Kita juga dapat mengidentifikasi adanya beberapa jenis brand positioning yang baik dan kesalahan positioning, yaitu :

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x