7 Kesalahan yang Sering Menjadi Penyebab Startup Gagal Jadi Unicorn

- 12 Agustus 2022, 11:10 WIB
/freepik

KEPRI POST - Setiap founder tahu bahwa budaya perusahaan sangat penting untuk kesuksesan startup seperti yang dikatakan Fred Wilson, “Jika kamu ingin berada dalam bisnis selamanya, kamu perlu membangun budaya yang menopang bisnis”.

Dilansir Kepri Post dari 1000startupdigital, ada tujuh kesalahan umum yang dilakukan startup ketika menciptakan budaya mereka.

Tujuh kesalahan ini pun menjadi sangat fatal bagi keberlangsungan startup atau usaha rintisan bila tidak diwaspadai.

Baca Juga: Startup Singapura ini Keok di Indonesia, Tak Kuat Hadapi Kerasnya Persaingan

Berikut 7 kesalahan yang sering dilakukan startup sehingga menemui kegagalan:

1. Menganggap budaya perusahaan terbentuk ‘begitu saja’
Banyak startup menganggap sepele budaya perusahaan dan berpikir bahwa budaya tersebut dapat dengan mudah ‘terbentuk begitu saja’.

Padahal, budaya perusahaan adalah salah satu ‘investasi’ terbesar di dalam startup yang perlu dibentuk sedari awal, sebab budaya perusahaan adalah kata lain dari ‘ini adalah cara kerja kami di startup ini’.

Di langkah awal membangun FiveStarts, sang founder Victor Ho, tidak pernah meluangkan waktu untuk mendefinisikan budaya secara resmi — dia merasa itu terlalu “murah”. Tetapi ketika mereka tumbuh dari 40 menjadi 80 karyawan, budaya perusahaan tak mengakar kuat, sehingga karyawan berselisih tentang cara menyelesaikan pekerjaan. Seperti dikutip di Fast Company, Ho menggambarkannya sebagai “salah satu periode tersulit perusahaan.”

Well, membangun budaya perusahaan tidak perlu melulu pergi retret berbiaya mahal, atau menulis dek budaya yang rumit. Ini bisa sesederhana menuliskan lima kata yang menggambarkan budaya perusahaanmu. Lalu sebulan sekali, sebagai sebuah tim, kamu dapat membuat diskusi untuk mengkaji apakah semangat tersebut masih relevan.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x