Cara Mengetahui Penghasilan YouTuber, Bisa Cek Gaji Kreator Youtube Favoritmu

- 18 Agustus 2022, 15:09 WIB
/freepik

KEPRI POST - Banyak orang mulai mencari penghasilan dari YouTube. Dengan konsistensi dan konten yang menarik, bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi orang yang mendapatkan banyak rupiah dari platform ini.

Sebagai salah satu platform paling besar di jagat media sosial, YouTube memberikan penghargaan atas karya yang dihasilkan para kreatornya melalui adsense.

Lantas berapa sebenarnya penghasilan YouTuber? Simak artikel di bawah ini supaya kamu mendapatkan jawabannya, ya.

Penghasilan yang didapatkan seorang kreator YouTube sangat bergantung pada jumlah klik iklan yang muncul, lokasi negara, topik yang dibahas serta harga iklan yang tayang. Oleh karena itu, gaji seorang YouTuber dapat berbeda-beda.

Baca Juga: Jadwal Jam Ramai di TikTok, Posting Konten Jadi Auto Viral dan FYP

Dilansir dari Intuit MintLife Untuk seorang YouTuber pemula, kamu berpotensi mendapatkan kurang lebih USD 18 untuk 1.000 tayangan video.

Namun, tidak semua kreator mendapatkan angka demikian. Penghasilan YouTuber dapat dihitung menggunakan rumus Revenue per Impression (RPM) dan cost per click (CPC).

RPM adalah penghasilan uang yang akan didapat setiap 1.000 penayangan iklan yang muncul di video YouTube tersebut. Nominal RPM yang diterima seorang Youtuber adalah Rp7.000,- per tayangan iklan.

Sedangkan, CPC adalah penghasilan yang diperoleh dari orang yang klik tayangan iklan yang muncul dalam video tersebut. Nominal CPC yang diperoleh untuk satu kali klik bisa Rp5.000,- hingga Rp12.000,-.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x