Ekonomi Syariah Bisa Jadi Fondasi Ekonomi Kerakyataan yang Buat Indonesia Sejahtera

- 16 September 2022, 06:10 WIB
ilustrasi negara maju dengan ekonomi syariah
ilustrasi negara maju dengan ekonomi syariah /chris clark/

KEPRI POST - Sebenarnya Islam memiliki sistem ekonomi yang mengungguli sistem ekonomi lainnya yang hanya merupakan “buah tangan” manusia, yakni sistem ekonomi syariah.

Hal ini ditulis Zakaria BatuBara dalam jurnalnya yang berjudul "Ekonomi Syariah Sebagai Fondasi Ekonomi Kerakyatan untuk mencapai Indonesia yang Sejahtera"

Sistem ekonomi syariah dalam Islam adalah sebuah sistem yang berlandaskan ajaran Ilahi, yang kesesuaiannya dengan umat dapat dipastikan.

Baca Juga: 9 Karakteristik Hukum Ekonomi Syariah Menurut Islam Agar Bisnis Berkah

Hanya ekonomi syariah yang dapat membantu masyarakat mencapai kesejahteraannya. Ekonomi Islam bukan sekedar etika dan nilai yang bersifat normatif, tetapi juga bersifat positif sekaligus.

Karena ekonomi syariah mengkaji aktivitas aktual manusia, problem-problem ekonomi masyarakat dalam perspektif Islam. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi syariah dapat melandasi kegiatan perekonomian setiap manusia di suatu negara.

Kesalahan sistem ekonomi Indonesia, yakni bertumpu pada sistem ekonomi kapitalis yang justru lebih memihak individu manusia, sehingga berdampak timbulnya rasa egoisme yang tinggi dari individu manusia itu sendiri tanpa memperhatikan mayoritas rakyat Indonesia yang kurang mampu.

ekonomiBaca Juga: 12 Prinsip dan Nilai-Nilai Hukum Ekonomi Syariah

Sebelum membahas bentuk konkret dari economic welfare (kesejahteraan ekonomi) dengan ekonomi syariah, perlu diketahui terlebih dahulu persamaan karakteristik dari ekonomi Indonesia yaitu ekonomi kerakyatan dengan ekonomi syariah.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x