Daftar 10 Saham Blue Chip Di Bursa Saham Indonesia Dengan Kapitalisasi Besar

- 17 September 2022, 10:43 WIB
ilustrasi saham blue chip
ilustrasi saham blue chip /Drobotdean/

KEPRI POST - Istilah saham blue chip adalah saham dari perusahaan yang memiliki reputasi nasional dari sisi kualitas, kemampuan, dan keandalan untuk beroperasi yang menguntungkan dalam berbagai situasi ekonomi baik dengan keadaan baik maupun buruk.

Saham blue chip disebut juga saham lapis satu. Saham lapis satu merupakan pendorong utama IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), sebab saham-saham yang berada di first liner ini memiliki kapitalisasi pasar (market capitalization) besar.

Saham yang masuk dalam kategori ini yakni saham dengan angka kapitalisasi pasar yang besar yaitu di atas Rp 10 triliun.

Baca Juga: Daftar 10 Top Gainers 2022, Cek Saham Blue Chip yang Paling Bisa Cuan Ribuan Persen

Beli saham blue chip untuk investasi jangka panjang adalah pilihan tepat karena dapat memberikan investor keuntungan stabil. Itu karena biasanya perusahaan ini mampu bertahan dalam berbagai situasi dan kondisi ekonomi.

Nah, bagi kamu yang memang tertarik untuk berinvestasi di instrumen saham, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh apa itu saham blue chip dan saham apa saja yang masuk ke daftar blue chip.

Berikut adalah ciri-ciri dari saham blue chip:

1. Kinerja perusahaan solid
Memiliki laba yang konsisten, produk yang berkualitas, dikenal masyarakat, dan track record yang terus berkembang. Tidak mudah goyah dan bangkrut, meskipun keadaan ekonomi yang diterjang krisis.

2. Nilai kapitalisasi besar
Nilai kapitalisasi yang mencapai di atas Rp 10 triliun terhitung sebagai perusahaan yang berkategori saham blue chip. Dimana, harga pasar perusahaan apabila ada seseorang yang ingin membeli secara utuh.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x