Pengertian Struktur Organisasi Dan Pembagian Jenisnya Dalam Manajemen Bisnis

- 26 September 2022, 08:55 WIB
ilustrasi struktur organisasi
ilustrasi struktur organisasi /rawpixel/

KEPRI POST - Pada dasarnya, struktur organisasi dalam manajemen bisnis adalah cara sesuatu disusun atau dibangun. Sedangkan organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan.

Sehingga, struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian baik secara posisi maupun tugas yang ada pada perusahaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan.

Struktur organisasi yang akan diibentuk tentunya struktur organisasi yang baik. Struktur organisasi yang baik harus memenuhi syarat sehat dan efisien. Struktur organisasi sehat berarti tiap-tiap satuan organisasi yang ada dapat menjalankan peranannya dengan tertib.

Baca Juga: Urgensi Desain dan Struktur Organisasi Dalam Manajemen Bisnis

Struktur organisasi efisien berarti dalam menjalankan peranannya tersebut masing-masing satuan organisasi dapat mencapai perbandingan terbaik antara usaha dan hasil kerja.

Berikut struktur organisasi formal dan informal dalam manajemen bisnis :

1. Struktur Organisasi Formal
Struktur ini merupakan struktur organisasi yang dihasilkan melalui keseluruhan proses. Struktur organisasi formal inilah yang biasanya dijadikan panduan oleh para anggota
organisasi untuk melakukan berbagai hal dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

2. Struktur Organisasi Informal
Struktur ini merupakan struktur di mana para pekerja berkumpul secara berkelompok (diluar struktur formal) yang didasarkan pada kesamaan tuntutan, hobi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Perencanaan dan Mengelola Strategi Beserta Tujuannya Dalam Manajemen Bisnis

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah