Urgensi Desain dan Struktur Organisasi Dalam Manajemen Bisnis

- 26 September 2022, 08:15 WIB
ilustrasi desain dan struktur organisasi
ilustrasi desain dan struktur organisasi /freepik/

KEPRI POST - Bagi sebuah perusahaan adanya Desain dan struktur organisasi sangat diperlukan. Terutama bagi mereka yang percaya bahwa bagan organisasi diperlukan guna menjamin manajemen bisnis yang efektif, akan menjadi bingung bila hal tersebut tidak ada.

Individu tidak akan memahami pekerjaan mereka, apa yang harus dilakukan, bagaimana pekerjaan mereka akan bisa memenuhi pekerjaan subunit lain.

Dengan tidak adanya bagan organisasi untuk mengklarifikasikan hubungan, maka hal yang tidak logik dan kekaburan akan terjadi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis dengan Modal Minim Sebagai Reseller Sukses

Kenyataannya, setiap proses dari pembuatan bagan organisasi merupakan tes yang baik bagi keberadaan bagian tersebut, karena setiap hubungan yang tidak bisa dibuatkan bagannya tampkanya akan menjadi kurang kuat dan karenanya membingungkan mereka yang bekerja di dalamnya.

Mereka yang mendukung dengan kuat percaya bahwa manajemen akan memilih desain dan struktur organisasi dengan spesifikasi tertulis atas persyaratan-persyaratan penting dari masing-masing tingkat manajemen, departemen, komite dan pekerjaan atau kelompok pekerjaan yang sama.

Materi ini memberikan kepada kita individu dan kelompok informasi guna membantu memahami bagaimana usaha mereka berkorelasi dengan usaha pihak lain.

Dibeberapa contoh, perusahaan kecil yang dapat berjalan dengan baik di tahap awal perkembangan mereka, mulai gagal bila pendirinya tidak bisa terus menerus memanajemeni dengan gaya pribadi mereka.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Membuat Bisnis Plan untuk Pemula, Cek Tahapannya

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x