Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Menurut Ahli dari Berbagai Sumber

- 22 Agustus 2022, 20:32 WIB
Ilustrasi melihat perkembangan perdagangan online. Dua universitas di Banten miliki program studi bisnis digital.
Ilustrasi melihat perkembangan perdagangan online. Dua universitas di Banten miliki program studi bisnis digital. /Pixabay / Dawnfu./

KEPRI POST - Studi Kelayakan Bisnis menjadi kebutuhan yang tak bisa dielakkan bagi seorang wirausaha.

Dikutip Kepri Post dari berbagai sumber, ada sejumlah pengertian studi kelayakan bisnis yang perlu diketahui

Menurut Yacob Ibrahim, studi kelayakan bisnis adalah kegiatan untuk menilai sejauh mana manfaat yang dapat diperoleh dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha/proyek.

Baca Juga: Daftar Pekerja Freelance yang Kena Pajak Penghasilan, Ini Cara Hitung dan Bayarnya

Sedangkan menurut Kasmir dan Jakfar, Studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan.

Sementara menurut Subagyo, Studi kelayakan bisnis adalah studi kelayakan yang dilakukan untuk menilai kelayakan dalam pengembangan sebuah usaha.

Senada dengan itu Umar berpendapat, Studi kelayakan bisnis adalah penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidaknya suatu bisnis dibangun, tetapi juga saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimal untuk waktu yang tidak ditentukan.

Baca Juga: Transaksi Uang Elektronik dan Dompet Digital Kini Kena Pajak 11 Persen, Ini Cara Hitungnya

Dari pengertian beberapa ahli tersebut, dapat simpulkan bahwa studi kelayakan bisnis adalah langkah pertama dalam menjalankan bisnis yaitu menganalisis faktor-faktor bisnis dalam menentukan rencana bisnis tersebut harus dilaksanakan, tidak dilaksanakan ataupun ditunda.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x