Ragam Batik Khas Melayu Kepulauan Riau (Kepri), Ada Motif Klasik dan Non-temporer Batik Gonggong

- 22 April 2023, 12:00 WIB
Batik khas Melayu Kepulauan Riau (Kepri) makin diminati, ada motif klasik dan non-temporer seperti batik gonggong.
Batik khas Melayu Kepulauan Riau (Kepri) makin diminati, ada motif klasik dan non-temporer seperti batik gonggong. /tangkap layar/batik kepri/

KEPRI POST - Perkembangan batik nusantara sebagai salah satu budaya khas Indonesia menyebar di mana-mana, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kain tradisional yang lekat dengan budaya Jawa ini, sekarang makin kaya koleksi dengan hadirnya kreativitas para desainer lokal, termasuk Kepri dengan batik khas Melayu seperti batik gonggong.

Sebagai daerah yang identik dengan budaya Melayu, Kepulauan Riau (Kepri) memiliki aneka motif batik khas Melayu yang tak kalah menarik dengan yang ada di daerah asal batik, Jawa. Di antara motif itu adalah batik khas Melayu klasik yang terinspirasi dari budaya tradisional Melayu dan motif non-temporer.

 

Motif non-temporer ini adalah kombinasi antara motif tradisional Melayu dengan ikon daerah di Kepulauan Riau (Kepri). Salah satu yang cukup terkenal adalah motif batik gonggong. 

Baca Juga: Batik Loempo, Inovasi Batik Minang Yang Berdayakan Ratusan Orang

Motif lainnya adalah Batik Jembatan Barelang dan sirih susun dari Kota Batam. Kemudian Batik Dugong, motif batik khas Bintan, Batik Penyu Hijau khas Anambas, Batik Ikan Tamban khas Lingga, Batik Cengkeh khas Natuna, dan Batik Rumput Laut khas Karimun.

Selain motif-motif tersebut juga masih banyak ratusan motif batik lainnya di Kepri. Dalam gelaran Kepri Batik-an tahun lalu, minat masyarakat terhadap motif batik dari Kepri lumayan tinggi.

Tingginya minat masyarakat terhadap motif batik Kepri itu diungkapkan perwakilan PKK Kepri, Tera, yang tak menyangka batik gonggong-nya laris dibeli pengunjung.

 

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x