Batik Loempo, Inovasi Batik Minang Yang Berdayakan Ratusan Orang

- 10 Desember 2022, 17:35 WIB
Novia Hertini bersama para model batik Loempo
Novia Hertini bersama para model batik Loempo /

KEPRI POST - Perempuan kelahiran 10 November 1981 di Painan tepatnya di Nagari Ampuan Lumpo, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini dari kecil memiliki cita-cita ingin jadi perancang busana (fashion designer).

Novia alumni dari SMK Negeri 3 Payakumbuh jurusan tata busana. Modal pendidikannya ini menjadi bekal karier dan usahanya.

“Sejak sekolah, saya banyak mengikuti kontes merancang busana dan sering mendapatkan peringkat pertama sehingga dapat meraih beasiswa untuk mengikuti kuliah singkat di ESMOD Jakarta. Dari situ, saya terus mengejar impian saya,” ungkapnya.

Dengan sedikit modal yang ia punya, kemudian Novia membangun sebuah butik di Kota Padang dengan nama Nvee Mode yang menjual berbagai macam ready to wear hasil karyanya.

Saat itu, ia juga menerima pesanan private order dan make up artist untuk pengantin.

“Hasil keuntungan tersebut, saya kumpulkan untuk membangun brand saya yang bernama Novia Hertini Fashion Designer di bawah naungan CV. NOVIA,” tuturnya.

Baca Juga: Neka Toys, Hasilkan Omset Ratusan Juta dari Mainan Edukasi Anak

Saat itu, ia bergabung di Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Dirinya memfokuskan setiap rancangan pada produk kerajinan daerah, yang kala itu mengangkat tentang potensi Tenun Silungkang.

“Dengan berjalannya waktu, sampai pada tahun 2013, saya pulang ke kampung kelahiran saya. Pada saat itu, saya melihat sangat banyak sumber daya alam yang belum dimanfaatkan dengan baik terutama gambir. Apalagi harga getah gambir sangatlah tidak seimbang dengan hasil kerja para petani,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah