Potensi Ekonomi Tersembunyi di Kampung Seni Batam: Menggali Seni Sebagai Sumber Pendapatan

- 2 Agustus 2023, 08:00 WIB
Potensi ekonomi tersembunyi di Kampung Seni Batam, menggali seni sebagai sumber pendapatan bagi warga.
Potensi ekonomi tersembunyi di Kampung Seni Batam, menggali seni sebagai sumber pendapatan bagi warga. /tangkap layar/kampung seni/

KEPRI POST - Kampung Seni di Perumahan Bida Kharisma, Batam Centre, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memendam potensi ekonomi yang dapat memberikan nilai tambah bagi warga sekitar. Warga menjadikan kawasan ini sebagai salah satu destinasi wisata baru dan tujuan para wisatawan.

Kawasan permukiman ini ditempati oleh sekitar 120 kepala keluarga dan terletak di Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam. Digagas oleh Asep Carno, kini Kampung Seni Batam semakin memukau dengan sentuhan seni di setiap sudutnya.

Lukisan dengan berbagai motif menghiasi rumah-rumah warga Kampung Seni Batam, jalan-jalan, dan gang-gang di perumahan tersebut. Corak dan warnanya pun beragam.

Baca Juga: Warna-Warni Lukisan di Kampung Seni Batam

Seiring berjalannya waktu, kesadaran warga akan potensi ekonomi sebagai destinasi wisata baru mulai tumbuh. Semangat gotong royong dalam membersihkan lingkungan pun diupayakan. Beberapa acara diadakan untuk lebih memperkenalkan Kampung Seni kepada masyarakat luas.

"Ambisi saya adalah menjadikan Kampung Seni sebagai sumber ekonomi bagi warga di sini," ujar Asep.

Wisatawan datang ke Kampung Seni Batam.
Wisatawan datang ke Kampung Seni Batam.

Dalam hal menuangkan kreativitas ke atas kanvas, Asep memang ahlinya. Di rumahnya, ratusan lukisan hasil karyanya terpajang dengan rapi. Motifnya beragam, mulai dari pemandangan hingga abstrak. Beberapa di antaranya sudah berhasil terjual kepada pengunjung yang datang.

"Lukisan abstrak ini juga sangat cocok untuk di hotel-hotel, dengan harga bervariasi dan terjangkau," tambahnya.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x