Filter Niskomda dari Natuna Juarai Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Kepri

- 19 April 2024, 20:00 WIB
Filter Niskomda dari Natuna juarai Lomba Teknologi Tepat Guna atau TTG tingkat Kepri 2024.
Filter Niskomda dari Natuna juarai Lomba Teknologi Tepat Guna atau TTG tingkat Kepri 2024. /tangkap layar/kepri/

KEPRI POST - Filter Niskomda, inovasi peserta dari Kabupaten Natuna menjuarai Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2024. Hasil lomba itu diumumkan dalam penutupan acara di Hotel Aston Tanjungpinang pada Kamis, 18 April 2024.


Pembuat inovasi Filter Niskomda (Mekanis kombinasi oksidasi) atau alat penjernih air kolam ikan, Muhammad Rifai mengaku bangga dengan capaian dalam Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kepri.

"Inovasi ini sebelumnya menang dalam Lomba TTG tingkat Kabupaten Natuna," ujar warga Desa Tapau, Kecamatan Bunguran Tengah tersebut.

Baca Juga: Tindaklanjuti 12 Aduan THR, Disnaker Kepri Panggil Perusahaan di Batam, Tanjungpinang, dan Lingga

Rifai menjelaskan, ide pembuatan inovasi Filter Niskomda berawal dari air di desanya yang keruh, sehingga mengganggu penetasan telur ikan lele milik kelompok budidaya.

Dari permasalahan tersebut, Rifai kemudian mencari ide untuk membuat peralatan penjernih air yang ramah lingkungan. Awalnya ia menggunakan aquarium, namun kemudian diganti dengan kulkas bekas.

"Kemarin kita menggunakan aquarium kaca, tapi sekarang kita menggunakan kulkas bekas," katanya.

Menurut Rifai, ada pesan yang ingin ia sampaikan dari penciptaan inovasi Filter Niskomda. Yakni pentingnya menjaga lingkungan dengan memanfaatkan barang-barang bekas menjadi lebih bermanfaat.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah, Batam Targetkan Juara Umum di MTQH X Tingkat Provinsi Kepri

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah