Terbanyak di Natuna, Ini Daftar 22 Nama Pulau Terluar di Provinsi Kepri

- 24 April 2024, 12:00 WIB
Natuna menjadi daerah di Provinsi Kepri yang memiliki pulau terluar terbanyak.
Natuna menjadi daerah di Provinsi Kepri yang memiliki pulau terluar terbanyak. /tangkap layar/natuna/

KEPRI POST - Provinsi Kepulauan Riau atau Provinsi Kepri merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari gugusan pulau besar dan kecil yang di kelilingi laut. Dari 2.028 pulau besar dan kecil di provinsi ini, 22 di antaranya adalah pulau terluar.

Pulau terluar adalah pulau dengan luas kurang dari 2.000 kilometer persegi dan memiliki titik koordinat yang menghubungkan garis pangkal laut kepulauan.

Pulau yang menjadi Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) dikembangkan dengan memprioritaskan kepentingan nasional dan pemanfaatannya harus memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Pulau Penyengat Tanjung Pinang Masih Jadi Favorit Saat Libur Lebaran 2024

Hal ini mengingat salah satu fungsi penting dari pulau terluar adalah fungsi ekonomi. Fungsi ini memberikan peluang pengembangan pulau terluar sebagai wilayah potensial industri berbasis sumberdaya, seperti perikanan, pariwisata bahari, dan industri.

Fungsi ini semakin strategis, karena Kepri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan beberapa negara ASEAN, seperti Vietnam, Kamboja, Singapura, dan Malaysia.

Sebagian besar wilayah Provinsi Kepri merupakan lautan. Dari 8.201,72 kilometer persegi, hanya 4 persen wilayah daratan dan 96 persennya adalah wilayah lautan.

Baca Juga: 5 Hidden Gem di Pulau Batam: Surga Snorkeling dan Wisata Alam, Rekomendasi Libur Lebaran 2024

Provinsi Kepri terdiri dari tujuh kabupaten/kota, yakni Kabupaten Karimun, Bintan, Natuna, Lingga, Kepulauan Anambas, Kota Batam, dan Tanjungpinang.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah