Pesona Bahari Kepri di Pulau Alang Tiga Lingga, Simpan Suasana Mistis di Bangunan Peninggalan Belanda

- 12 April 2024, 18:00 WIB
Pesona bahari Kepri di Pulau Alang Tiga Lingga, menyimpan suasana mistis dari bangunan peninggalan Belanda.
Pesona bahari Kepri di Pulau Alang Tiga Lingga, menyimpan suasana mistis dari bangunan peninggalan Belanda. /kepripost.com

KEPRI POST - Destinasi wisata bahari di Pulau Alang Tiga bisa menjadi salah satu tempat yang layak kamu kunjungi saat menginjakkan kaki di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pulau bahari ini berada di Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Riau. Uniknya, destinasi ini menyimpan suasana mistis dari bangunan bersejarah peninggalan Belanda berupa Menara Suar Muci.

Menara Suar Muci memiliki tinggi sekitar 50 meter, dibangun sejak tahun 1862 dan masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Ini 11 Tempat Wisata di Bintan yang Menggelar Pesta Kembang Api

Menara ini merupakan salah satu warisan sejarah yang masih terawat hingga kini. Menara yang dibuat pada zaman kolonial Belanda ini sempat diambil alih tentara Jepang. Kemudian diambil alih oleh pemerintah Indonesia pasca-kemerdekaan.

Petugas mefungsikan keberadaan menara yang terbuat dari besi berwarna putih di Pulau Alang Tiga sebagai pusat kendali. Posisi menara menghadap Laut Cina Selatan yang terkenal sangat sibuk dengan lalu lalang kapal.

Bangunan menara tersebut merupakan satu kesatuan dengan bangunan kantor dan rumah dinas yang juga dibangun pada masa yang sama.

Baca Juga: View Singapura, Ini 8 Tempat Wisata di Batam untuk Nikmati Kemeriahan Tahun Baru 2024

Pulau Alang Tiga merupakan wilayah pelintasan bagi pelayaran kapal-kapal menuju Bangka, Kuala Tungkal Jambi, Inhil, dan Sumatera Utara.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah