4 Tantangan Startup di Indonesia Untuk Tumbuh Besar, Nomor 3 Berpengaruh Besar

- 11 Agustus 2022, 15:10 WIB
/tirachardz/freepik

KEPRI POST - Tidak dapat dipungkiri perusahaan rintisan di bidang e-commerce, fintech, healthtech, dan edutech semakin berkembang, terutama di masa pandemi.

Indonesia sebagai negara berkembang pada 2020 berada pada posisi ke-5 dunia dengan pertumbuhan 2.000 lebih startup baru.

Sebuah prospek yang besar untuk bisa lebih maju dan memanfaatkan kecanggihan teknologi serta mewujudkan ide-ide terbaru dalam dunia bisnis yang berpengaruh bagi masyarakat luas.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Bidang Startup di Indonesia Beserta Contohnya

Bukan hanya prospeknya yang begitu besar dan luas, perusahaan rintisan juga menghadapi sederet masalah dan tantangan dalam perkembangannya.

Tidak sedikit perusahaan rintisan yang mengalami kegagalan yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sebagian besar perusahaan rintisan gagal karena berbagai faktor seperti kurangnya modal.

Sebab lainnya juga adalah tidak mencapai kesesuaian pasar produk yang diinginkan, tidak mencapai daya tarik pasar pada tingkat yang diharapkan atau waktu yang buruk, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mau Bikin Startup? Ini Pilihan Bentuk Badan Usaha Perusahaan Rintisan

Terlebih pada masa pandemi Covid-19 yang menuntut adanya percepatan digitalisasi terutama pada bidang kewirausahaan, inovasi, dan transformasi digital.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x