Daftar 50 Desa Wisata Terbaik Pemenang ADWI 2022, Ada Kategori Toilet Umum Hingga Homestay

- 1 November 2022, 06:12 WIB
Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022
Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 /


KEPRI POST - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menggelar Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

“Saya mengapresiasi 50 desa wisata terbaik yang menjadi simbol Indonesia bangkit dan membuka suatu tabir baru dalam mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang inklusif. Serta memberikan peluang untuk membuka lapangan kerja,” ujar Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya.

Menparekraf juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan ADWI 2022 ini mulai dari dewan juri, pengelola desa wisata, pelaku usaha, hingga jajaran pemerintah baik di pusat maupun daerah.

Baca Juga: Desa Wisata Kepri, Kampung Tua Bakau Serip Batam Juara 3 Kategori Suvenir di ADWI 2022

“Saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi. Saya ingin memberikan apresiasi khusus kepada para pemerintah daerah, kepala daerah, yang telah menggali potensi desa wisata ke depannya,” ujarnya.

Sandiaga menyampaikan, ajang ADWI 2022 yang bertema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit” ini bertujuan untuk mendorong daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Terdapat tujuh aspek penilaian pada ADWI 2022 yaitu daya tarik pengunjung, homestay, digital dan kreatif, suvenir, toilet umum, penerapan cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE), serta kelembagaan desa.

“Kita berwisata di Indonesia saja dan kembangkan Bangga Buatan Indonesia,” tandas Menparekraf.

Berikut daftar pemenang ADWI Tahun 2022:

Kategori Desa Wisata Rintisan
– Juara I: Desa Wisata Sembungan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
– Juara II: Desa Wisata Tirta Agung, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
– Juara III: Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
– Juara Harapan I: Desa Wisata Kampung Melayu BML, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
– Juara Harapan II: Desa Wisata Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x