Ini 5 Usaha dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Kepri Selama Triwulan III

- 10 November 2022, 06:50 WIB
Lima usaha yang memberi andil tertinggi bagi pertumbuhan ekonomi Kepri selama triwulan III tahun 2022.
Lima usaha yang memberi andil tertinggi bagi pertumbuhan ekonomi Kepri selama triwulan III tahun 2022. /Tangkap layar/Schneider/

KEPRI POST - Berikut lima usaha yang memberi andil tertinggi bagi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) selama triwulan III tahun 2022.

Berdasarkan data, mayoritas lapangan usaha di Kepri memiliki kinerja positif bagi pertumbuhan ekonomi Kepri pada triwulan III, kecuali pertambangan dan penggalian yang mengalami kontraksi.

Andil lapangan usaha ini menjadikan perekonomian Kepri semakin membaik, bahkan di triwulan III tumbuh 6,03 persen (year on year/yoy). Lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan II tahun 2022 yang tumbuh 5,01 persen (yoy).

Pertumbuhan ekonomi Kepri juga lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera dengan 4,71 persen (yoy), bahkan juga lebih tinggi dari pertumbuhaan ekonomi nasional 5,72 persen (yoy).

Baca Juga: Mengenal Budaya Melayu Kepri dari Tanjak Pondok Warisan Budaye

Jika dibandingkan dengan seluruh provinsi yang ada di wilayah Sumatera, pertumbuhan ekonomi Kepri di triwulan III tahun 2022 tercatat yang tertinggi.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerangkan bahwa percepatan pertumbuhan perekonomian Kepri ini sejalan dengan proyeksi.

Adapun percepatan pertumbuhan perekonomian Kepri didukung oleh meningkatnya mobilitas masyarakat, seiring dengan semakin terkendalinya Covid-19 dan vaksinasi yang terus membaik. Kemudian peningkatan kunjungan wisatawan, aktivitas industri pengolahan, dan ekspor-impor yang sejalan dengan permintaan yang masih kuat.

"Kita patut bersyukur, perlahan kita benahi perekonomian Kepri, hasil kerja keras kita sejak awal kini terlihat di triwulan III tahun 2022," ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x