Melihat Potensi Bisnis Budidaya Rumput Laut di Indonesia

- 4 Maret 2023, 18:05 WIB
peluang usaha dan prospek budidaya rumput laut
peluang usaha dan prospek budidaya rumput laut /

KEPRI POST - Salah satu komoditas unggulan sektor budidaya laut adalah rumput laut sehingga patut menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Perlu diketahui rumput laut merupakan salah satu komoditi strategis unggulan Indonesia yang sering diekspor dan cocok sebagai ide bisnis.

Beberapa negara seperti Jepang dan Filipina menggantungkan pasokan rumput lautnya pada Indonesia. Besarnya permintaan rumput laut mentah juga diikuti oleh peningkatan produksi rumput laut nasional.

Baca Juga: Peluang Usaha 2023, Mana yang Paling Cuan dan Bikin Cepat Kaya?

Trend produksi yang meningkat seperti ini merupakan potensi bisnis yang bagus dan telah direspon oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan terus berupaya memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu produsen rumput laut terbesar di dunia.

Salah satu upayanya dengan memperkuat industri pengolahan rumput laut nasional. Upaya peningkatan dan penguatan industri pengolahan rumput laut nasional salah satunya difokuskan pada pengembangan rumah-rumah produksi yang memproduksi produk olahan berbasis rumput laut.

Selain upaya untuk peningkatan dan penguatan industri pengolahan rumput laut kita juga harus menimbang kondisi yang dihadapi oleh industri pengolahan rumput laut nasional.

Maka potensi bisnis pengembangan industri pengolahan rumput laut di Indonesia masih sangat terbuka, karena baru 20% saja produksi rumput laut mentah nasional yang dapat diserap oleh industri pengolahan di dalam negeri.

Baca Juga: Peluang Usaha Menjanjikan, 6 Bidang Usaha Ini Bisa Ciptakan Miliarder

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x