Urgensi Menentukan Segmentasi Pasar Bisnis Online, Beserta Contohnya

- 15 Agustus 2022, 11:15 WIB
ilustrasi memilih segmentasi pasar
ilustrasi memilih segmentasi pasar /wayhome studioa/freepik

KEPRI POST - Bisnis apapun itu, termasuk bisnis online, membutuhkan segmentasi pasar. Setelah menentukan produk apa yang mau dijual, tentukan siapa calon pelanggan potensial bisnismu.

Semakin spesifik semakin bagus. Tujuannya agar kamu bisa melakukan promosi secara terarah. Ibaratnya memancing, kamu tidak akan menemukan ikan salmon di sungai. Jadi kamu harus pergi ke laut.

Baca Juga: Manfaat Internet Dalam Bisnis Online Bagi Pedagang dan Pembeli

Misalnya kamu ingin berjualan pakaian. Apakah segmentasinya ditujukan untuk semua orang atau anak muda saja, perempuan atau laki-laki? Dari sini kamu bisa merincinya lagi lebih dalam, misal menjual baju untuk pesta, pakaian kerja, celana olahraga, dan sebagainya.

Segmentasi yang jelas akan mempermudah kamu untuk melakukan riset tentang hal-hal yang disukai pasar dan mempromosikan produkmu nantinya.

Contoh, Aplikasi transportasi online, Go-Jek, awalnya dibuat untuk mengatasi permasalahan transportasi – khususnya ketika mencari ojek – di Indonesia.

Baca Juga: 4 Strategi Rahasia Membangun Brand Image Bisnis UMKM Jadi Terkenal dan Laris Dibeli Konsumen

Ojek sebenarnya sudah ada sejak dulu. Tapi dulu kita harus jalan kaki dulu ke pangkalan ojek untuk mencari ojek, lalu melakukan tawar menawar. Tarifnya pun tidak pasti, tergantung keahlian kamu menego.

Seiring berkembangnya aplikasi ini, Go-Jek melakukan ekspansi bisnis. Kini Go-Jek menyediakan layanan pemesanan makanan lewat Go-Food, ada juga layanan bersih-bersih rumah lewat GoClean, layanan sewa mobil boks yaitu Go-Box, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Danisa


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x