Manfaat Internet Dalam Bisnis Online Bagi Pedagang dan Pembeli

- 15 Agustus 2022, 09:30 WIB
/jcomp/freepik

KEPRI POST - Internet memudahkan kita melakukan banyak hal, salah satunya berbisnis secara online. Dengan adanya internet, cara orang melakukan bisnis berubah menjadi bisnis online.

Konsep bisnis di berbagai lini pun ikut berubah. Dulu, hanya orang-orang yang memiliki modal besar yang bisa menjadi pengusaha. Namun kehadiran internet mengubah itu semua.

Kini kita tidak perlu lagi menyewa toko fisik, membayar biaya sewa tempat yang mahal, atau merekrut banyak tenaga kerja untuk menjaga toko atau menjalankan bisnis.

Baca Juga: 4 Strategi Rahasia Membangun Brand Image Bisnis UMKM Jadi Terkenal dan Laris Dibeli Konsumen

Semua orang sekarang bisa punya toko online tanpa memerlukan modal besar. Misalnya dengan menjadi penjual di situs website e-Commerce Tokopedia, memasarkan barang, dagangan lewat media, sosial seperti Facebook, dan Instagram, menjadi penjual makanan di aplikasi Go-Food, dan sebagainya.

Contoh lain di sektor transportasi adalah Bluebird. Dulu Bluebird harus menghabiskan banyak sekali modal untuk bisa menjalankan bisnis taksinya, mulai dari menginvestasikan ribuan unit mobil, merekrut karyawan dan sopir, belum lagi biaya operasional untuk menjalankan perusahaan dan mengelola kendaraan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Startup? Cukup Dengan 5 Langkah Mudah Ini

Sekarang, dengan adanya internet, konsep bisnis transportasi berubah drastis. Go-Jek adalah salah satu contoh nyata. Konsep bisnis Go-Jek tidak membutuhkan modal sebesar BlueBird.

Mereka menggunakan konsep sharing modal dengan mengajak para pengemudi motor bergabung menjadi ‘karyawan’ di sana, dengan skema pembagian pendapatan yang telah ditentukan.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x