Biaya Distribusi Penyebab Utama Inflasi Pangan Kepri

- 29 Agustus 2022, 16:15 WIB
Bazar pangan diharapkan bisa kendalikan biaya distribusi yang menjadi penyebab utama inflasi bahan pangan di Kepri.
Bazar pangan diharapkan bisa kendalikan biaya distribusi yang menjadi penyebab utama inflasi bahan pangan di Kepri. /kepripost.com

KEPRI POST - Biaya distribusi menjadi penyebab utama inflasi bahan pangan di Provinsi Kepulauan Riau atau Kepri. Hal ini karena mayoritas wilayah Kepri adalah lautan dengan bentangan yang sangat luas.

Di antara bahan pangan yang memicu inflasi Kepri adalah cabai merah dan minyak goreng. Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri menyebut cabai merah menyumbang andil 0,95 persen dan minyak goreng 0,59 persen.

Untuk mengendalikan laju inflasi, Kepri menggencarkan bazar pangan murah. Salah satunya digelar melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Pantai Piwang, Ranai, Natuna pada Minggu, 28 Agustus 2022.

Baca Juga: 11 Sekolah Terbaik di Batam 2022, Sekolahmu Peringkat Berapa?

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, biaya distribusi bahan pangan mahal karena Kepri didominasi lautan dengan bentangan wilayah yang luas. Terutama jika menjangkau kabupaten terluar seperti Ntuna dan Kepulauan Anambas. 

"Karena itulah Pemprov Kepri berinisiatif mengirimkan langsung bahan pangan ke Natuna dengan mensubsidi transportasi, sehingga harga bahan pangan lebih murah dan bisa di bawah harga pasar," ujarnya. 

Ansar menjelaskan, bazar pangan ini untuk mengantisipasi harga bahan pokok di beberapa kab/kota yang menjadi titik rawan kenaikan harga.

Baca Juga: 26 Sekolah Terbaik di Riau dan Kepri 2022

"Hal ini bisa mempengaruhi fluktuasi harga yang akan menjadi beban masyarakat," katanya.

Halaman:

Editor: Zaki Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x