Paradigma Baru Pengembangan UMKM dan Koperasi Era Presiden Jokowi

- 24 Oktober 2022, 10:40 WIB
Visi Presiden Jokowi untuk Pengembangan UMKM
Visi Presiden Jokowi untuk Pengembangan UMKM /Antara/

KEPRI POST - Era pemerintahan Presiden Jokowi ialah awal dari upaya penerapan Paradigma Baru di dalam membangun KUMKM.

Secara resmi, upaya tersebut dimasukkan ke dalam arahan Presiden dengan memilih tagline ‘membangun Koperasi Modern dan UMKM Naik Kelas’.

Salah satu titik berat dalam membangun KUMKM kali ini ialah memperkuat stimulus dalam penyelenggaraan pemerintahannya seraya mendorong pertumbuhan ekonomi KUMKM melalui dukungan penyediaan dukungan program yang diperlukan.

Sebagai sebuah entitas bisnis, KUMKM diberi kewenangan yang cukup luas dalam merumuskan berbagai kegiatan, mulai perencanaan hingga pelaksanaan.

Baca Juga: Peluang usaha Jasa Editing Video, Ide Bisnis Cerah di Era Promosi Digital

Artinya, KUMKM diberi ruang kebebasan untuk menentukan arah menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat yang berada di dalamnya.

Agar tujuan tersebut dapat tercapai pada suatu waktu tertentu, pemerintah pusat seseuai Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 telah menetapkan Program Nasional Kewirausahaan, UMKM dan Koperasi.

Ketetapan itu merupakan bagian dari komitmen bahwasanya Kewirausahaan, UMKM dan Koperasi mendapatkan dukungan, salah satunya Arahan Presiden dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas dan Koperasi Modern.

Gagasan yang baik perlu didukung, tapi jika tidak didukung dengan ketidaksiapan yang mendasar, yang muncul justru potensi penyimpangan dalam pelaksanaan.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x