Peluang Usaha Kreatif, Bisnis Kerajinan Rotan Menggemaskan yang Menjanjikan

- 27 Oktober 2022, 06:34 WIB
ilustrasi peluang usaha rotan kreatif
ilustrasi peluang usaha rotan kreatif /

KEPRI POST - Mungkin bukan sesuatu yang baru jika rotan dibuat menjadi beraneka ragam kerajinan tangan dan menjadi peluang usaha baru.

Tapi, apakah pernah terpikir olehmu untuk membuat peralatan rumah tangga dengan bahan yang satu ini sebagai ide bisnis ?

Bahan utama untuk membuat kerajinan rotan adalah rotan itu sendiri. Rotan merupakan salah satu tanaman merambat yang biasanya banyak dijumpai di area hutan di Indonesia.

Orang seringkali menyebut rotan sebagai kayu, namun aslinya rotan merupakan suatu tanaman dengan bentuk batang langsing, memiliki ruas dan tidak berduri. Bagian yang sering dijadikan kerajinan rotan adalah bagian batangnya.

Baca Juga: Cara Sukses Membangun Bisnis dari Nol, Ikuti 5 Strategi Kunci Ini

Rotan-rotan yang sudah diambil dari hutan akan mengalami serangkaian proses pengolahan, hingga siap menjadi produk rotan yang jadi. Prosesnya cukup panjang, mulai dari penggorengan, penggosokan, pengeringan, pengupasan, pengasapan hingga pengawetan.

Tanaman rotan ini banyak dipilih sebagai bahan furniture karena memiliki bentuk yang unik, juga nilai seni yang tinggi. Tanaman rotan mudah dibentuk, dan memiliki ketahanan yang lebih baik, dibandingkan kayu.

Ya, peralatan rumah tangga dengan bahan rotan ternyata banyak dicari oleh masyarakat karena kekuatannya.

Namun, kebanyakan pelaku usaha atau wirausaha membuat peralatan rotan dengan bentuk yang kaku.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x