Peluang Investasi Emas di Tengah Ancaman Resesi 2023, Cek Prediksi Harganya

- 3 November 2022, 11:35 WIB
ilustrasi peluang investasi emas di 2023
ilustrasi peluang investasi emas di 2023 /

KEPRI POST - Harga emas akan mencapai rata-rata USD1.712,50 per ounce pada tahun depan. Naik dari level saat ini karena pengakhiran kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS).

Kondisi tersebut akan memunculkan kembali minat investor terhadap emas batangan. Demikian menurut jajak pendapat Reuters, Rabu (2/11/2022).

Harga emas telah jatuh dari posisi puncaknya USD2.000 per ounce pada Maret lalu menjadi sekira USD1.650 karena The Fed dan bank sentral lainnya kompak menaikkan suku bunga acuan dengan cepat guna mengatasi inflasi.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Investasi Properti untuk Milenial, Aset Menjanjikan di Masa Depan

Suku bunga yang lebih tinggi menekan emas dengan mengangkat pengembalian aset lain, seperti obligasi pemerintah dan dolar yang bersaing dengan emas untuk investasi.

Naik Rp8.000, Harga Emas Antam (ANTM) Hari Ini Rp944.000 per Gram

"Kami akan mendapatkan perubahan arah ketika pasar yakin bahwa Fed akan berhenti menaikkan suku bunga," kata Kepala Riset Komoditas di LBBW, Frank Schallenberger, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (3/11/2022).

Analis Societe Generale, Florent Pele mengatakan, imbal hasil obligasi pemerintah AS yang disesuaikan dengan inflasi kemungkinan akan tetap positif hingga kuartal III-2023.

"Di tengah kurs riil yang positif di AS, dan yang meningkat di Eropa, investor kemungkinan akan menghindari aset yang tidak memberikan imbal hasil, seperti emas," paparnya.

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x