Ini Alasan Ilmu Ekonomi Konvensional dan Ekonomi Syariah Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan Banyak Orang

- 16 September 2022, 09:31 WIB
ilustrasi Ekonomi Syariah dalam kehidupan
ilustrasi Ekonomi Syariah dalam kehidupan /pixabay/

KEPRI POST - Ekonomi berperan dalam kehidupan sehari-hari kita, meskipun dalam pelaksanaannya ada banyak jenis ilmu ekonomi, salah satunya Ekonomi Syariah.

Secara etimologis, ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomia. Oikonomia berasal dari dua kata yaitu “Oikos” yang berarti “rumah tangga”, dan “Nomos” yang berarti “peraturan”.

Sederhananya, ekonomi adalah ilmu yang memelajari cara manusia memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang tersedia.

Ilmu ekonomi juga dapat dipahami sebagai usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas.

Baca Juga: Konsep Dasar Ekonomi Syariah Dalam Islam Yang Mudah Dipahami Pelajar dan Mahasiswa

Tentunya ilmu ekonomi secara umum dan Ekonomi Syariah memiliki perbedaan yang perlu dipahami sebelum mengetahui seberapa besar manfaat ilmu ekonomi dalam kehidupan manusia.

Ekonomi Konvensional adalah teori ekonomi kaitannya dengan “kebebasan” bergerak kearah menuju pasar bebas dan sistem ekonomi berpaham perdagangan bebas dalam era globalisasi yang bertujuan menghilangkan kebijakan ekonomi proteksionisme.

Sedangkan Ekonomi Syariah merupakan ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memandang, meninjau, meneliti, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara yang islami.

Baca Juga: Indonesia Cocok Kembangkan Ekonomi Syariah, Ini Persamaan Karakteristik Ekonomi Syariah dan Ekonomi Kerakyatan

Halaman:

Editor: Danisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah